Dampak Hujan Lebat di Beberapa Kecamatan Ini Terdampak Banjir, Gabus, Kayen, Tambakromo

Berita Daerah70 Dilihat

Batara.news

Pati, Batara.news | Cuaca Hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Pati pada Kamis, (14/10/2022) malam Akibatkan kawasan lereng Pegunungan Kendeng kembali diterjang banjir bandang.

Banjir bandang kali ini lebih besar dari sebelumnya, hampir terjadi diseluruh wilayah Pati Selatan yang mengalami dampak banjir.

Dari informasi yang di himpun oleh awak media, di ketahui banjir terjadi di wilayah Kecamatan Tambakromo, Kecamatan Kayen, Kecamatan Gabus dan sebagian Wilayah Kecamatan Sukolilo.

Banjir di wilayah Tambakromo

Adapun wilayah Kecamatan Tambakromo, yakni banjir terjadi di Desa Angkatan Lor, Angkatan Kidul, Sinomwidodo, Karangmulyo, Kedalingan, Karangwono, Dukuh Ngerang Desa Tambakromo, Desa Karangawen dan beberapa desa lainnya.

Menurut keterangan dari salah satu warga Desa Angkatan Lor, Yuni (32) mengungkapkan bahwa banjir sudah mulai datang sekitar pukul 24.00 WIB dengan ketinggian di wilayah tersebut setinggi lutut orang dewasa.

Hingga berita ini terbitkan, banjir masih belum surut juga di wilayah tersebut.

Pihaknya mengaku sudah memprediksi bahwa banjir bandang tersebut akan terjadi seperti biasanya karena di wilayah lereng pegunungan Kendeng juga terjadi banjir yang cukup ringan.

Kurang lebih air teko kuwi Yo sekitar jam 12-an, kok sampai Sekarang semakin bertambah, lha yang biasanya ndak kemasukan, sekarang rumah depan rumah Yo kemasukan, berarti kan lebih besar dari sebelumnya,” katanya dengan menggunakan bahasa Jawa.

Kemudian berdasarkan pengakuan lain dari melalui salah satu perangkat Desa Karangmulyo, Ainur Rafiq mengungkapkan bahwa banjir yang menerjang wilayah memiliki mencapai 60 cm.

Pihaknya mengungkapkan bahwa hingga pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB banjir masih menggenang di wilayah pemukiman dan persawahan di desa tersebut.

Sementara itu, Banjir juga semakin meluas di Kecamatan lainnya yakni, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Pucakwangi dan juga Kecamatan Jaken.

Dari informasi yang diterima dari warga terdampak dari Desa Sumberagung Kecamatan Jaken bernama Wahyu Ari (23) mengungkapkan ketinggian banjir di wilayahnya mencapai kurang lebih 1 meter.

“Wilayah ku juga sama mas, sekitar pukul 01.00 tiba-tiba air datang, kok sampai sekarang itu ada yang satu meter di dalam rumah,” pungkasnya.

Dampak adanya banjir tersebut, dipastikan juga merendam ribuan hektar lahan sawah milik masyarakat di wilayah Pati Selatan.

Selain itu, banjir juga membuat akses jalan arah Tambakromo-Gabus. Berdasarkan pantauan di lapangan banjir yang meluap hingga jalan raya mencapai diatas lutut orang dewasa.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *