Prosesi Sedekah Bumi Desa Kedalingan Berlangsung Hikmat Dan Meriah 

 

PATI, BATARA.NEWS – Dalam rangka menjaga kearifan budaya lokal dan menghargai adat leluhur, Gebyar Sedekah Bumi Desa Kedalingan, Kecamatan Tambakromo, Pati, Jawa Tengah, berlangsung hikmat serta meriah.

 

Tradisi tahunan yang bertujuan untuk ngalap berkah keselamatan dunia dan akhirat atas bumi yang ditempati, serta memohon kepada sang Kholik agar seluruh warga Desa Kedalingan diberikan kelimpahan rejeki, gemah ripah loh jinawi, jauh dari segala macam marabahaya itu, digelar dengan berbagai macam acara sakral.

 

Seperti dikatakan Bowo, salah satu tokoh masyarakat Kedalingan, sebelum acara hiburan berlangsung terlebih dahulu diisi dengan rangkain kegiatan sakral yakni doa bersama.

 

“Semoga adanya sedekah bumi, Desa kedalingan bisa tambah makmur, damai, hasil panennya bisa tambah , sejahtera kehidupan masyarakatnya. Dan mendekati tahun demokrasi semoga warga Desa Kedalingan selalu menjaga kerukunan dalam bersolidaritas.”ucapnya, jumat 16 juni 2023.

 

Adapun rangkaian acara hiburan sedekah bumi Desa Kedalingan sebagai berikut ;

 

Tanggal 14 Juni 2023, rabu sore, acara sepak bola banci, dilanjut malamnya orkes dangdut. Kemudian pada hari kamis tanggal 15 Juni 2023 khataman dipunden Mbah Daling.

 

Setelah itu diteruskan pada hari jumat, tanggal 16 Juni 2023, acara arak-arakan tumpeng. Dilanjut malamnya campur sari dan reog.

 

Dan diakhir acara hiburan sedekah bumi Desa Kedalingan, pada hari sabtu, tanggal 17 Juni 2023, diisi pentas kesenian ketoprak yang berlangsung siang dan malam.

 

/Rd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *