Warga Binaan LP Pati Sulap Mainsat Penjara Sebagai Wadah Kreatifitas

 

PATI, BATARA.NEWS – Nampaknya publik harus tau, bahwa mainsat Lembaga Pemasyarakat yang dikenal sebagian orang suatu tempat menyeramkan lantaran dihuni para penjahat kelas teri hingga kakap, ternyata hal tersebut sangatlah tidak benar.

 

Buktinya seperti di Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini, puluhan terpidana dari berbagai persoalan pelanggaran hukum justru digembleng menjadi sosok manusia yang mandiri dan humanis.

 

Prilaku budi pekerti luhur serta andap asor dan sopan santun ketika berinteraksi dengan sesama selalu diajarkan para petugas Lapas Pati dengan pelecut semangat supaya eks Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) kelak ketika sudah selesai menjalani masa hukuman dapat menjadi sosok manusia yang lebih baik dimasyarakat.

 

Selain memberikan pembinaan norma-norma kesopanan dan keagamaan, petugas Lapas Pati juga mengasah kereatifitas WBP dengan berbagai masam kegiatan positif dibidang sosial kemasyarakatan, seperti membuat roti, paving, pengolahan kopi lokal (jolong), perikanan, peternakan, dan pembuatan pernak pernik hiasan rumah.

 

Dikatakan Kepala Lapas Pati, melalui Kepala Seksi Pembinaan Pendidikan dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Giatja) Eko Budi , H.A.Md.IP.SH.MM., selain pembuatan roti berkuwalitas bekri dan paving, ada kegiatan menarik karya WBP yang layak untuk dikabarkan kepada publik, yakni ihwal pembuatan pernak pernik hiasan rumah berbahan stik es dan bambu.

 

“Misalnya seperti miniatur motor harlay, kapal pesiar, patung ular naga dan lain sebagainya,” tuturnya, kamis, 15 juni 2023.

 

Selain kwalitas yang cantik dan eksotis, lanjutnya, harga jual kerajinan tangan tersebut dirasa juga tidak berat diongkos.

 

“Kalau ada yang minat, produk karya seni itu dipasarkan sesuai dengan tingkat keindahan dan kerumitannya. Dan semua hasil produk karya warga binaan Lapas Pati, ada di tampilkan pada gerai yang tersedia di ruko depan kantor ” tandasnya.

 

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *