Musti Belum Kantongi Izin Oprasi, Puskesmas Klumpang Selatan, Kotabaru Tetap Dioprasikan

KOTABARU, BATARA.NEWS – Warga masyarakat di Kecamatan Klumpang Selatan, Kabupaten Kotabaru, akhirnya mempunyai fasilitas pelayanan kesehatan baru.

Gedung puskesmas yang baru dibangun pada tahun 2022 di Desa Pantai tersebut, tepaksa ditempati lantaran dibutuhkan masyarakat.

Dituturkan, Edy Rahmanto Kepala Puskesmas Pantai, ada berbagai pelayanan kesehatan yang akan diberikan kepada warga masyarakat, seperti rawat jalan hingga rawat inap.

“berbagai layanan kesehatan ditawarkan, mulai dari kesehatan gigi, pemeriksaan kehamilan, disabilitas, dan rawat inap. Terlebih, puskesmas ini juga dilengkapi Unit Gawat Darurat (UDG).” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Adanya Puskesmas baru itu, menurutnya, lebih representatif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kecamatan Kelumpang Selatan.

“ini merupakan kepedulian Pemkab Daerah dan Pusat untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bidang kesehatan,” imbuhnya,

Mesti fasilitas penunjang kesehatan masih belum lengkap, dirinya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah daerah.

“kita sudah upayakan koordinasi dengan pihak dinas, semoga secepatnya fasilitas kesehatan yang disarankan masih kurang bisa kita lengkapi.” paparnya,

Lantaran hanya ada 1 dokter dan 8 perawat, lanjutnya, untuk memaksimalkan pelayanan tidak menutup kemungkinan tenaga medis yang ada di Desa akan dijadwalkan untuk piket selama 2 kali dalam 1 minggu.

“karena kekurangan tenaga medis, kemungkinan tenaga medis yang di Desa akan kami jadwalkan piket setiap seminggu dua kali untuk memaksimalkan pelayanan puskesmas yang baru ini,” jelasnya,

Sementara itu, terkait dengan status Puskesmas dari rawat jalan menjadi rawat inap, Edi mengaku masih dalam proses pengajuan permohonan dan tinggal menunggu SK saja.

“Karena BPJS kesehatan tidak menerima jika status puskesmas belum berubah, jadi kami mohon maaf jika sementara ini masih menggunakan fasilitas umum.” pungkasnya.

/Ari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *