Cegah DBD, Babinsa Koramil Lasem Bersama Bidan Desa Berantas Jentik Nyamuk

Berita Daerah82 Dilihat

Rembang, Batara.News– Babinsa Koramil 0720/Rembang Kodim 0720/Rembang Serda Sugiyono bersama Bidan Desa Tasiksono melakukan pemberantasan jentik nyamuk penyebab DBD di desa Tasiksono, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Senin (12/12/2022).

Babinsa Tasiksono, Serda Sugiyono mengatakan, pihaknya bersama Bidan desa, dan perangkat desa mendatangi warga desa Tasiksono dari rumah ke rumah untuk mengecek dan menaburkan serbuk Abate pada bak mandi milik warga.

”Hal ini dilakukan dalam upaya mengendalikan dan memberantas jenis nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD)”, katanya.

Pada kesempatan ini Babinsa bersama Bidan desa dan perangkat desa juga menghimbau warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, hindari adanya genangan air karena hanya akan menjadi tempat berkembangbiak nyamuk. Bahkan untuk nyamuk aedes aegypti bisa berkembang diair bersih seperti bak mandi rumah, penampungan air hujan, dan lain-lain.

Ditempat terpisah Danramil 06/Lasem Kapten Chb Masrukin, mengatakan, pihak Koramil bekerjasama dengan UPT Puskesmas Lasem untuk melakukan upaya pencegahan DBD melalui pemberantasan jentik nyamuk dengan cara menaburkan serbuk Abate dibak penampungan air, bak mandi serta tempat lainnya.

upaya lainnya dilakukan melalui fogging pada tempat-tempat yang digunakan nyamuk berkembak biak dengan tujuan mengurangi populasi nyamuk sehingga resiko penularan penyakit melalui gigitan nyamuk dapat ditekan,”tandasnya.

Tidak itu saja, lanjutnya, para Babinsa bersama Bidan desa turun langsung ke masyarakat memberikan himbauan tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat supaya terhindar dari DBD, melalui gerakan 3M Plus yaitu menguras bak dan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, mengubur dan/atau memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk serta tidur menggunakan kelambu, menyalakan obat nyamuk dan hindari gigitan nyamuk.

”Tentunya kita berharap, dengan upaya pencegahan ini, tidak ada warga yang terpapar DBD atau paling tidak bisa meminimalisir”, harap Kapten Chb Masrukin.

/Moel/syfdn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *