Tiga Manfaat Positif Adanya Embung PDAM di Desa Kasihan Kecamatan Sukolilo

Berita Daerah103 Dilihat

Batara.News

PATI,Batara.news_l Tiga manfaat positif setelah berdirinya Embung PDAM di Desa Kasian kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, dengan adanya Proyek Embung seluas 5 Hektar yang sampai hari ini masih dalam pengerjaan.

Di sampaikan Oleh Kepala PDAM Pati Bambang Sumantri, saat di wawancarai oleh wartawan Batara.news di kantor kerjanya 10/8/2022, ia menjelaskan ada beberapa segi positif setelah adanya Embung bung di Desa Kasihan kecamatan Sukolilo Pertama Masyarakat di sekitar wilayah kecamatan Sukolilo, Kayen, dan Gabus akan masuk di kategori penerima manfaat Sumber Air Bersih dari Embung PDAM Pati yang di bangun di Desa Kasian tersebut,

Embung seluas 5 Hektar dalam kurun waktu per 30 hari mampu menapung debit Air 3600 Kubik Air, sehingga mampu menyalurkan Air bersih dan layak konsumsi ke 4000 pengguna saluran air bersih di tiga kecamatan Sukolilo,Kayen,Gabus, Jika mampu menambah nilai Produksi akan kembali di tambah juga lebih dari 4000 Saluran air yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat.

Manfaat kedua Lahan tanah warga yang semula hanya mampu panen 1 tahun sekali nantinya bisa 2 kali panen misalnya, sebelumnya lahan yang biasanya di genangi adanya air di rawa dan harus menunggu kering sampai berbulan-bulan saat musim penghujan nantinya tidak lagi seperti itu, karena PDAM akan menyedot air dan memanfaatkan di pengolahan Air bersih sehingga lahan warga dapat cepat kering dan segera bisa di pakai untuk tanaman kembali.

Manfaat ke 3 lahan sekeliling Embung dapat di manfaatkan tempat jualan, lahan parkir dan mungkin ada tumbuh ide kreatif lainya. ketika nanti Embung sudah jadi dan dapat menjadi Destinasiwisata, otomatis akan mampu mengangkat ekonomi masyarakat setempat dan menumbuhkan nilai ekonomi baru.

” Untuk sementara ini PDAM Pati masih membutuhkan lahan seluas 350 persegi di peruntukan bangunan Intek/ penyadapan Air agar segera dapat di kerjakan dan cepat selesai”, tegas Bambang Sumantri.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *