Bandung, Batara.news | Wakil Komandan (Wadan) Koharmatau Marsma TNI Joseph Rizki Prabowo, S.T., M.I.Pol., memimpin Rapat Koordinasi Rencana Kegiatan Inovasi Satuan Kerja Koharmatau di ruang rapat Basjir Soerya. Kamis (26/11/2022).

Dalam sambutan Komandan Koharmatau Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han)., yang dibacakan Wadan Koharmatau mengatakan Kegiatan ini merupakan salah satu mata rantai dalam upaya melaksanakan peningkatan kinerja dan peningkatan pencapaian sasaran pelaksanaan tugas yang berhubungan dengan alutsista TNI Angkatan Udara.

Selain itu Jelas Dankoharmatau rapat koordinasi ini merupakan salah satu program kerja dan anggaran Koharmatau TA. 2023.

Lebih lanjut Komandan menyampaikan kegiatan ini kita laksanakan untuk mendengarkan paparan dari masing-masing Kadisrendalhar Depohar jajaran, terkait dengan rencana usulan kegiatan inovasi satuan Tahun Anggaran 2023. Ungkapnya.

Saya berharap kegiatan ini dapat kita manfaatkan dengan sebaik baiknya sebagai wahana penyamaan persepsi, sekaligus sebagai forum komunikasi dan koordinasi. Tutupnya. (Pen Koharmatau).

/Red

Rembang, Batara.News- Babinsa Koramil 01/Rembang Kodim 0720/Rembang,Serma Muklisin melaksanakan pembinaan bela negara latih PBB kepada siswa SDN 2 Sumberjo, kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. (26/01/2023).

Babinsa menuturkan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan dari latihan ini yaitu untuk menanamkan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan pancasila dan UUD 1945.

Dengan cara ini diharapkan para siswa akan semakin mampu meningkatkan rasa Nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan tugas-tugas di sekolah.

Kepala sekolah Edi Harianto S.Pd mengatakan para siswa berantusias dalam mengikuti latihan PBB yang diberikan oleh Babinsa baik saat pemberian materi teori para siswa memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga saat melaksanakan praktek para siswa pun terlihat penuh semangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Babinsa yang sudah melatih kedisiplinan kepada siswa-siswi kami semoga kerja sama ini akan terjalin seterusnya,”.tutup Kepala Sekolah

/Moel

Kalijati- Batara.news | Komandan Depo Pemeliharaan (Dandepohar) 90 Kolonel Tek Hendrison Syafril, S.T., beserta para pejabat Depohar 90 menyambut kedatangan Komandan Koharmatau Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han)., di Mako Depohar 90 Lanud Suryadarma Kalijati. Rabu (25/1/2023). Kunjungan Dankoharmatau beserta rombongan ini dalam rangka rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Depohar jajaran Wilayah Barat.

Dalam kesempatan tersebut Dandepohar 90 menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dankoharmatau beserta rombongan, disertai ucapan Terima Kasih yang setinggi–tingginya karena di tengah kesibukan tugas dan tanggung jawab selaku pimpinan Koharmatau, berkenan meluangkan waktu untuk mengunjungi Depohar 90.

Mudah–mudahan kunjungan ini dapat kita jadikan ajang silaturahmi dan membawa kebaikan bagi semua. Jelas Kolonel Hendrison Syafril.

Agenda kunjungan kerja diawali dengan paparan Dandepohar 90, kemudian Dankoharmatau melaksanakan peninjauan ke sejumlah satuan kerja dibawah Depohar 90 diantaranya peninjauan ke satuan pemeliharaan (Sathar) 92 dan Sathar 93.

Dankoharmatau menyampaikan rasa bangga dapat hadir dan bertatap muka dengan segenap personel Depohar 90 dan jajarannya. “Kedatangan saya dan rombongan adalah untuk melihat secara langsung kesiapan operasional Depohar 90. Kepada seluruh personel dijajaran Depohar 90 saya berpesan agar dalam melaksanakan tugas harus mengutamakan faktor keselamatan terbang dan kerja.” Tambahnya.

Karena safety merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar oleh seluruh personel. Salah satu indikator keberhasilan dalam pelaksanaan tugas adalah tidak adanya incident maupun accident.

Lebih lanjut Dankoharmatau mengatakan, terkait dengan masalah personel, Disiplin adalah mutlak dimiliki seluruh personel Depohar 90, dari disiplin itulah kita akan menghasilkan kinerja yang optimal, minimalis pelanggaran, baik itu narkoba, asusila dan tindakan yang melanggar peraturan lainnya, jelas Dankoharmatau.(Pen Koharmatau).

/red

Banyumas, Batara.news | Menjelang dilaksanakannya peringatan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang bertepatan pada tanggal 22 Januari 2023 esok hari, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., monitoring pantau perkembangan situasi tempat ibadah masyarakat yang merayakannya di Purwokerto dan Banyumas.

Tempat ibadah tersebut, Klenteng Hok Tek Bio Purwokerto yang berlokasi di sekitar Pasar Wage Purwokerto dan Klenteng Boen Tek Bio yang berlokasi di sekitar pasar Banyumas, Sabtu (21/1/2023).

Selain kedua klenteng tersebut, Klenteng Hok Tek Bio Sokaraja yang berlokasi di sekitar pasar Sokaraja juga turut dipantau oleh Kasiterrem 071/Wijayakusuma.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan, kunjungannya ke tempat ibadah ini guna untuk mengetahui dan memastikan sejauh mana kesiapan personel dalam pengamanan maupun situasi dan kondisi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Imlek ini.

Dikatakan, sebagai bagian dari masyarakat bangsa dan negara, TNI khususnya Korem 071/Wijayakusuma harus membantu masyarakat sekelilingnya.

Dikatakan, di kota Purwokerto ini mempunyai tradisi saling membantu antar umat beragama baik dalam rangkaian hari-hari besar keagamaan maupun kegiatan lainnya untuk memperkokoh dan memperkuat kerukunan umat beragama yang ada diwilayah ini.

“Dari lebaran, natal sampai dengan imlek maupun waisak, segenap umat beragama diwilayah ini bersatu padu, bahu membahu bergotong royong membantu umat agama lainnya. Contohnya pada lebaran tahun lalu disaat sholat Idul Fitri, umat agama lainnya membantu pengamanan lokasi tempat dimana umat Islam akan melaksanakan Sholat Idul Fitri, begitupula sebaliknya kita melaksanan pengamanan waktu Natal melaksanakan dan membantu pengamanan Natal antara TNI, Polri dan komunitas lintas agama”, paparnya.

“Apa yang kita lakukan ini, sebagai wahana kita untuk mempererat dan menjaga toleransi umat beragama”, terangnya.

Dikatakan, Purwokerto dikenal di seluruh Indonesia memiliki teloransi umat beragama yang sangat erat. Dan sebagai tambahan serta untuk pengetahuan kita bahwa Forum Komunikasi Umat Beragama atau FKUB pertama berdiri di kota Purwokerto. Purwokerto ini sebagai embrio berdirinya FKUB di seluruh provinsi di Indonesia.

“Kegiatan seperti ini, meninjau dan melihat sejauh mana situasi dan kondisi perayaan Imlek ini, kita lakukan serentak diseluruh wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma dengan bersinergi dan berkolaborasi dengan Polri dan elemen masyarakat maupun organisasi kemasyarakatan yang ada diwilayah masing-masing”, terangnya.

Menurut mantan Dansat-81/Gultor Kopassus ini, berbagai kegiatan yang dilaksanakan jajarannya menjelang perayaan Imlek tersebut, Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma melaksanakan berbagai kegiatan menjelang dirayakannya Imlek, seperti membantu melaksanakan pembersihan dan penyiapan sebelum hari raya imlek dari mulai pembersihan dan penyiapan tempat ibadah dan pada saat pelaksanan. Juga saat dirayakan, kita bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat yang merayakannya.

“Tentang hal itu, merupakan penekanan Persiden RI pada saat Rakornas Forkopimda seluruh Indonesia yang menyampaikan TNI Polri beserta Pemda wajib menjamin kebebasan umat beragama untuk menjalankan ibadah. Karena, pada tahun lalu disaat pandemi ibadah dilaksanakan secara mandiri dan pada tahun ini sudah di buka secara umum.

Danrem berharap, perayaan Imlek ini dan perayaan umat beragama lain baik diwilayah Banyumas dan segenap jajaran Korem 071/Wijayakusuma, berjalan secara lancar, aman dan tertib, serta kerukunan umat beragamanya semakin erat dan kokoh.

/Red

Banyumas, Batara.news | Jumat Berkah tidak hanya dilakukan dengan berbuat kebaikan dengan sesama namun juga bisa dimanfaatkan dalam kegiatan lain untuk diri sendiri maupun untuk satuan.

Hal tersebut seperti yang dilakukan prajurit Wijayakusuma dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma, untuk menjaga fitalitas tubuh dan menjaga keindahan dan keasrian lingkungan satuan, di hari Jumat yang berkah ini, melaksanakan olahraga bersama jalan mengelilingi lingkungan masyarakat seputar Ksatrian dan pemeliharaan lingkungan satuan dengan memotong rumput lapangan upacara Makorem 071/Wijayakusuma.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan kegiatan yang dilakukan prajurit Wijayakusuma dan PNS nya dalam Jumat Berkah ini, melakukan olahraga bersama walaupun dalam pelaksanaannya Makorem 071/Wijayakusuma pada kegiatan olahraga dilaksanakan setiap harinya, namun dihari yang penuh berkah ini kita berharap akan keberkahan kesehatan segenap prajurit dan PNS.

Begitu pula dengan kita melakukan kurve atau pembersihan lingkungan kita, agar lingkungan Ksatrian ini tetap asri, indah dan sejuk. Sehingga dengan hal ini, segenap prajurit dan PNS akan selalu nyaman untuk melaksanakan tugasnya.

“Jumat Berkah, tidak hanya dilakukan untuk membantu sesama, namun juga bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri dengan berharap berkah kesehatannya untuk mendukung tugas pokok satuan, serta keberkahan kesehatan lingkungannya”, terangnya.

/Red

Banyumas – Sebanyak 56 Prajurit yang baru masuk bergabung ke jajaran Korem 071/Wijayakusuma berasal beberapa satuan, baik dari Satpur, Banpur, maupun Satkowil berbagai satuan TNI AD, setelah mendapat masa orientasi dan adaptasi di Makorem 071/Wijayakusuma selama 4 minggu, mereka ditugaskan di satuan komando kewilayahan jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Pelepasan para prajurit yang telah usai mengikuti masa orientasi dan adaptasi tersebut, dilepas secara langsung oleh Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol., mewakili Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., di Aula Jenderal Sudirman Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. Kamis (5/1/2023).

Dihadapan prajurit, Letkol Candra yang mewakili Kolonel Yudha mengungkapkan, prajurit yang dilepas ke kesatuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma ini untuk memenuhi kebutuhan organisasi khususnya Kodim-kodim di jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang saat ini masih terdapat satuan yang belum mencukupi kuota jumlah prajuritnya, khususnya diwilayah lima Kodim pantai Utara jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

“Penyebaran prajurit yang ditempatkan di beberapa wilayah ini untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Karenanya, kepada prajurit yang ditempatkan diwilayah tersebut, jangan merasa terbebani dimana prajurit akan ditempatkan”, ungkapnya.

“Syukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa, kalian sudah di satuan kewilayahan dan sudah berada dimana kalian idamkan. Walaupun hal ini mungkin tidak sesuai yang diinginkan kalian, namun kalian harus tetap bersyukur bisa bertugas di Jawa Tengah atau kalian sudah bertugas di kewilayahan,” kata Kolonel Inf Yudha Airlangga.

Terkait dengan penempatan prajurit, Danrem sudah berupaya untuk menempatkan prajurit barunya sesuai dengan domisilinya, namun karena tuntutan organisasi dilingkungan TNI AD khususnya di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma masih banyak yang belum terpenuhi personelnya sesuai organisasi satuan Kodim, sehingga personel baru tersebut ditempatkan di satuan Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang masih kekurangan personel tersebut.

“Kalian harus bersyukur, karena kalian sudah bertugas di wilayah Jawa Tengah. Kalian harus bisa melihat, mungkin masih banyak rekan-rekan kalian yang masih bertugas nun jauh di sana, jauh dari tanah kelahirannya, bertugas di perbatasan jauh dari mana-mana. Karenanya, saya minta kalian lapang dada dan ikhlas menerima penempatan dimanapun yang akan kalian tempati,” tegasnya.

Kolonel Yudha juga berpesan agar prajurit melaksanakan tugas dengan baik, menghormati adat istiadat, selalu ber komunikasi dengan warga masyarakat, serta hindari pelanggaran.

“Sebagai Babinsa, kalian adalah jantungnya atau motornya Korem dan Kodam, karenanya kalian harus bisa menjadi panutan masyarakat dan tumpuan masyarakat untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dan permasalahan masyarakat”, jelasnya.

“Ingat, TNI adalah lembaga paling di percaya, jadi kalian harus menjaga nama baik satuan, nama baik keluarga dan nama baik diri kalian. Sebagai Babinsa nantinya, kalian harus menjadi contoh dan panutan masyarakat, dan harus bisa membimbing masyarakat taat aturan, tertib serta menjaga keamanan dan ketertiban. Disamping itu, bangun wawasan kebangsaan, bangun kesadaran bernegara agar tetap mencintai bangsa dan negaranya”, pintanya.

“Kalian dalam melaksanakan tugas kewilayahan, harus pandai berbicara, harus pandai berkata dan luwes dalam kehidupan ditengah masyarakat”, terangnya.

Danrem menjelaskan, untuk masuk ketengah masyarakat dan hudup berdampingan dengan masyarakat dan bisa diterima dilingkungan masyarakatnya, kuncinya kalian harus mampu beradaptasi dilingkungan dimana kalian akan ditempatkan.

“Terima kasih atas dedikasi kalian telah menjaga nama baik satuan selama mengikuti masa orientasi di Makorem 071/Wijayakusuma. Ditempat tugas baru, jaga nama baik diri, keluarga, satuan dan institusi kalian. Baik-baiklah dengan segenap komponen dan elemen masyarakat dimana kalian akan bertugas”, pungkasnya.

/Red

Bandung-Koharmatau. Seluruh personel Komando Pemeliharaan Materiel Angkatan Udara (Koharmatau) baik Militer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti Apel Luar Biasa Tahun Baru 2023, Senin (2/1/2023). Apel Luar Biasa bertempat di lapangan upacara Makoharmatau Bandung juga merupakan apel perdana di tahun 2023.

Bertindak selaku pimpinan apel Komandan Koharmatau Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han). Turut hadir pada kegiatan tersebut Wadan Koharmatau Marsma TNI Joseph Rizki P., S.T., M.I.Pol., Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos., serta para pejabat Koharmatau.

Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dankoharmatau Marsda TNI Bambang Triono mengatakan, tahun 2022 lalu,

bangsa Indonesia dihadapkan dengan berbagai ujian bencana alam, seperti tanah longsor dan gempa bumi di Cianjur, erupsi Gunung Semeru, serta yang paling utama adalah tantangan dalam melaksanakan pemulihan untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

Alhamdulillah, di tengah berbagai ujian tersebut, TNI Angkatan Udara mampu hadir untuk membantu dan meringankan kesulitan bangsa Indonesia, khususnya terhadap masyarakat yang terdampak bencana secara langsung. Sebagai Kepala Staf Angkatan Udara saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar TNI Angkatan Udara, atas pengabdian yang telah diberikan selama tahun 2022 lalu. Jelasnya.

Lebih lanjut Kasau menyampaikan untuk kegiatan internasional, TNI Angkatan Udara juga telah turut menyukseskan Indo-Defence tahun 2022 di Jakarta, hingga Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Bali. TNI Angkatan Udara telah membuktikan kesiapan terbaiknya dalam mendukung berbagai perhelatan penting, dimana seluruh mata dunia tertuju pada bangsa Indonesia.

Saya berharap agar berbagai pencapaian ini dapat terus dipertahankan dan terus ditingkatkan, sehingga TNI Angkatan Udara akan senantiasa hadir dan mampu memberikan kemampuan terbaiknya, dalam melindungi tanah air dan angkasa Indonesia yang kita cintai bersama. Pungkasnya. (Pen Koharmatau).

/Red

Bandung-Koharmatau. Dankoharmatau Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han). yang didampingi oleh Ketua PIA Ardhya Garini Gab. III Koharmatau Ny. Yuyun Bambang Triono mengikuti secara virtual kegiatan Renungan Lintas Agama TNI AU Tahun 2022 bertempat di Ruang puskodal Koharmatau, Jumat (30/12/2022).

Acara yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Markas Besar TNI Angkatan Udara Cilangkap Jakarta tersebut diikuti oleh para pejabat utama dan Komandan Satuan TNI Angkatan Udara Seluruh Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. dalam amanatnya saat membuka kegiatan tersebut mengajak pada seluruh hadirin untuk memanfaatkan momen tersebut untuk mempererat tali silaturahmi antar umat beragama dan momentum dalam memperkuat kebersamaan dalam bingkai kebhinekaan Bangsa Indonesia sekaligus Kasau mengajak berdoa secara khidmat karena seluruh keberhasilan tugas TNI Angkatan Udara yang dilaksanakan selama ini dapat berhasil karena kekuatan doa.

“Saya ingin mengingatkan bahwa sebagai insan prajurit yang beriman, bahwa senjata yang terbaik adalah doa, segala keberhasilan tugas yang kita lakuan selama ini salah satunya adalah karena kekuatan doa,

maka saya ingin mengajak seluruh personel untuk mari kita awali tugas kita di Tahun 2023 dengan memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga kita semua diberikan bimbingan, pertolongan dan kemudahan dalam pelaksanaan tugas,” tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan renungan akhir tahun oleh Sesdisbintalidau Kolonel Sus Dr. H. M. Kemalsyah, M.Ag. dan diakhiri oleh pembacaan doa secara berurutan yang dipimpin oleh masing-masing Rohaniawan Islam, Rohaniawan Kristen, Rohanian Katolik, dan Rohaniawan Hindu.(Pen Koharmatau)

/Red

Rembang, Batara.News | Bersama warga, Serda M. Hadist Babinsa desa Rakitan Koramil 08/Sluke melaksanakan karya bakti pembersihan tanah longsor di desa Rakitan besar kecamatan Sluke.

Dalam karya bakti Babinsa, Perangkat desa Rakitan dan masyarakat desa Rakitan bahu – membahu membersihkan material longsor yang menimpa rumah warga. Sabtu (31/12/2022)

Kapten Cba Juli Eko Triono Danramil 08/Sluke menyampaikan saat ini di beberapa tempat banyak terjadi longsor baik skala besar maupun kecil. Salah satunya di desa Rakitan kecamatan Sluke ini, untuk itu sebagai TNI selalu hadir dalam setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Salah satunya adalah membantu mengatasi bencana alam. Kita selalu hadir bersama komponen yang lain untuk menyelesaikan permasalahan secepat mungkin sehingga kerugian bisa diminimalisir, ungkapnya.

Babinsa Rakitan Serda M.Hadist mengatakan bersama perangkat desa melaksanakan pemantauan wilayah yang mengalami musibah tanah longsor tebing jalan disamping rumah bapak Tardi RT 02/RW 01 desa Rakitan dengan panjang tebing 25 m dan tinggi tebing 5,5 m sehingga ditaksir kerugian mencapai kurang lebih Rp 350 juta.

kejadian diakibatkan karena guyuran hujan beberapa hari sehingga tanah labil dan terjadi longsor. Bila terjadi hujan deras lagi dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan sehingga talud akan ikut longsor dan menimpa rumah warga”ucap Serda Hadist.

Saat ini cuaca sudah mendung, jika hujan turun harus segera dihentikan demi keamanan” pungkas Babinsa.

/Moel/syfd

Bandung-Koharmatau. Komandan Komando Pemeliharaan Materiel Angkatan Udara (Dankoharmatau) Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han), memimpin Apel Luar Biasa di Lapangan Apel Makoharmatau Bandung. Rabu (28/12/2022).


Turut hadir pada kegiatan tersebut Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos, serta pejabat Koharmatau.

Dalam kesempatan ini Dankoharmatau Marsda TNI Bambang Triono mengatakan tugas yang diamanahkan kepada kita semua di Koharmatau ini tentunya bukanlah suatu tugas ringan.

Saya sangat berharap dukungan para pejabat dan seluruh personel Koharmatau, agar tugas-tugas Koharmatau ke depan dapat terlaksana dengan baik dan lancar sesuai apa yang diharapkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara yaitu mendukung terwujudnya TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani di Kawasan. Ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa, dinamika dan tantangan tugas ke depan yang dihadapi Koharmatau tentunya akan semakin kompleks. namun demikian, saya percaya bahwa keberhasilan tugas Koharmatau akan dapat tercapai dengan baik apabila ditunjang dengan komitmen dari pejabat dan personel yang mengawaki,

tentunya ditunjang dengan militansi, dedikasi, loyalitas terhadap tugas dan tanggung jawab yang diemban serta terus berupaya meningkatkan kualitas dan etos kerja yang tinggi. Pungkasnya. (Pen Koharmatau)

/red

Rembang, Batara.News|| Guna mencegah penyakit PMK pada hewan ternak di wilayah desa binaan. Babinsa Koramil 03/Sulang Kodim 0720/Rembang Sertu Darto melaksanakan pendampingan pemasangan ear tag pada hewan ternak yang sudah di vaksin oleh DPP kecamatan Sulang di desa Kemadu kecamatan Sulang kabupaten Rembang.Selasa(27/12/2022)

Babinsa menyampaikan kegiatan ini di laksanakan guna untuk menandai hewan ternak yang sudah di vaksin dan untuk mencegah hewan ternak terjangkit penyakit mulut dan kuku terutama pada hewan ternak sapi.

Babinsa juga memberikan himbauan terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak kepada pemilik kandang sapi karena saat ini penyakit PMK sudah menyebar ke semua wilayah. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan sampai penyakit PMK ini benar-benar hilang.

Babinsa juga memberikan arahan kepada peternak ” kandang sapi setiap hari harus di bersihkan agar tidak terjangkit penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ” tuturnya.

Moel/Syfdn

Bandung-Koharmatau. Pengajian dan do’a bersama dilaksanakan di kediaman dinas Dankoharmatau dihadiri para pejabat Koharmatau, pengurus PIA Ardhya Garini Gabungan 3 dan anak yatim sebagai wujud rasa syukur kepada ALLAH SWT, sekaligus menempati rumah dinas yang baru, Dankoharmatau Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han), Bandung (25/12/2022).

Dankoharmatau Marsda TNI Bambang Triono mengatakan saya beserta keluarga mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada semua yang telah berkenan hadir meluangkan waktu untuk memenuhi undangan kami malam ini.

Saya beserta keluarga mohon doa restu kepada bapak/ibu serta para hadirin dan undangan semua, semoga kami sekeluarga dalam menempati rumah dinas ini senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan sebagai hamba Allah dan diberikan petunjuk, serta senantiasa mendapatkan rahmat, ridho dan perlindungan serta petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT, sehingga tugas yang menjadi tanggung jawab saya sebagai Komandan Koharmatau dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Kegiatan dilanjutkan dengan tausyiah, pengajian dan do’a bersama yang dipimpin oleh KH. Aep Hambali diteruskan dengan pemberian bingkisan kepada 45 orang anak panti asuhan Albaar dan panti asuhan Hikmah Mufakir Istiqomah. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos., serta para pejabat Koharmatau. (Pen Koharmatau).

/Red

Rembang, Batara.News|| Babinsa Koramil 12/Kragan Kodim 0720/Rembang Serma Moch Hafid dan Serda Kamdi memberikan pembinaan waw kepada anggota Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Sanggar di lapangan Desa Balongmulyo Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang, Jumat(23/12/22).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ekskul Pembekalan Wasbang dan pelatihan Pramuka Saka Wira Kartika Sanggar yang diikuti oleh 27 siswa sekecamatan Kragan.

Dalam penyampaiannya Serma Moch Hafid mengatakan pembinaan dengan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bela negara (Belneg) ini bertujuan memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa kepada para generasi muda.


“Sengaja kami beri materi ini untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap tanah air dan bangsa” terangnya.

Serda Kamdi menambahkan selain 5 Krida SWK yang meliputi penanggulangan bencana alam, navigasi darat, survival, pioneer, dan mountenering,

para anggota Pramuka juga diberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan Bela Negara.“Selain itu, kami juga memberikan materi sejarah perjuangan para pahlawan bangsa, mencintai bangsa, proxy war, pergaulan bebas, narkoba,” jelasnya.

Ia memberikan pembinaan semacam itu, menjadi kalender rutin Koramil 12/Kragan sebagai satuan teritorial dalam mengawal generasi penerus bangsa, sehingga nantinya menjadi para pemimpin yang unggul, berdisiplin, dan mencintai bangsa serta negaranya.


“Karena di tangan mereka lah, bangsa ini nantinya akan dibawa ke arah yang lebih maju lagi,” tuturnya.

“Selain itu, dapat melatih karakter yang gigih, tidak egois, maupun berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah,” tutupnya.

(Moel/Syfdn)

Bandung-Koharmatau. Hari pertama menjabat sebagai Komandan Koharmatau, Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han), menggelar kegiatan Entry Briefing kepada seluruh pejabat Koharmatau di Gedung Basjir Soerya Makoharmatau. Kamis (22/12/2022). Entry Briefing merupakan acara atau tradisi dalam penyambutan setiap Komandan baru yang akan memimpin di satuan yang baru dan merupakan sarana untuk memperkenalkan diri kepada seluruh anggota Koharmatau untuk menyampaikan program kerja kedepan.

Dalam Entry Briefing Dankoharmatau menyampaiakan, selaku pejabat baru, saya akan tetap melanjutkan dan meningkatkan hal positif yang telah dicapai selama ini. Oleh karena itu, Jelas Marsda Bambang Triono prioritas utama yang harus kita lakukan ke depan akan terfokus pada upaya tercapainya kemampuan dan kemandirian Koharmatau yang optimal,

merawat Alutsista yang terus berkembang, dan efisien menggunakan sumber daya yang ada, dengan terus mendorong bertambahnya keterlibatan fasilitas pemeliharaan dalam negeri. Ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Langkah-langkah konkrit yang akan kita lakukan dalam mengawali tugas saya sebagai Komandan adalah mengutamakan pemeliharaan alutsista, mengoptimalkan dan membangun kemampuan Depo-Depo Pemeliharaan, serta menjaga proses regenerasi personel terus terjaga. Oleh sebab itu, peran seorang perwira sangat penting.

Seorang perwira harus memiliki tanggung jawab tugas yang tinggi dan tidak hanya bekerja di belakang meja, tetapi terjun langsung untuk mengawasi dan mengontrol setiap tugas yang dilaksanakan. Pungkasnya. (Pen Koharmatau).

/Red

Rembang, Batara.News|| Akibat tingginya intensitas curah hujan yang tinggi serta derasnya aliran sungai akibatkan tanggul penahan tebing ambrol.

Tebing yang terletak di Desa Karas Kepoh Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang tersebut tak jauh dari pemukiman warga, dimana tebing tersebut ambrol beberapa hari yang lalu, saat Desa setempat diguyur hujan dengan intensitas tinggi, serta di tambah derasnya aliran sungai.

Jumat, 23/12/2022 Kades beserta warga dan di bantu Babinsa setempat gotong royong memasang rajuk bambu untuk mengantisipasi longsor susulan, dimana curah hujan yang masih tinggi serta arus aliran sungai yang masih deras di kawatirkan akan menambah luas gerusan air terhadap tebing sungai,

Dikatakan oleh Kepala Desa Karas Kepoh Sihabudin,” Jika tidak secepatnya kita tangani di kawatirkan letak longsoran sangat berdekatan dengan rumah penempatan pompa penyedot air milik Desa setempat, dimana pompa tersebut di pakai oleh warga kami untuk mengaliri air lahan pertanian warga,” ungkapnya.

Selain itu,lanjut Sihabudin “lokasi longsor juga sangat dekat dengan tiang penyangga jembatan gantung yang ada tepat di atas longsor, dimana akses tersebut merupakan jalan alternatif warga kami untuk ke desa tetangga,” tegasnya.

Kami berharap semoga pemerintah daerah segera merealisasikan keluhan kami ini, untuk segera menganggarkan perbaikan secara permanen, dari kejadian ini saat di lakukan peninjauan oleh BPBD waktu lalu di perkirakan kerugian mencapai 30juta rupiah,” imbuhnya.

Sementara itu dari tokoh masyarakat setempat Hadi Purnomo yang ikut dalam kerja bakti menambahkan, “Ia berharap Pemerintah Kabupaten Rembang bisa mendengar keluhan kami para warga Desa Karas Kepoh agar kiranya bisa segera mendapatkan realisasi untuk perbaikan tanggul ini,

mengingat aliran sungai yang melewati desa kami merupakan penampung dari anak – anak sungai dari hulu, yang menjadi satu dalam satu aliran sungai,” jelasnya.

(Moel/Syfdn)

Bandung – Koharmatau. Setelah pelaksanaan serah terima jabatan Komandan Koharmatau oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E.,M.P.P., Rabu (21/12/2022). Hari ini Kamis (22/12/2022) di laksanakan acara Kenal Pamit Komandan Koharmatau yang diawali dengan acara penyambutan Passing In Parade Komandan Koharmatau yang baru Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han), di depan Makoharmatau Bandung.

Pada acara kenal pamit tersebut selain memperkenalkan diri dan keluarga, Dankoharmatau Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han) mengatakan bahwa saya sangat mengharapkan kerjasama dan sinergi yang baik dari para pejabat dan seluruh personel Koharmatau.

Tanpa dukungan dan kerja sama yang baik dari bapak/ibu sekalian, saya tidak akan dapat melaksanakan tugas secara optimal. Disampaikannya juga Ucapan terimakasih kepada Marsda TNI Eddy Supriyono karena selama kepimimpinannya beliau telah berbuat yang terbaik untuk TNI Angkatan Udara, khususnya di Koharmatau ini. Ungkap Marsda Bambang Triono.

Sementara Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E.,M.M., selaku Komandan Koharmatau yang lama menyampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini kami beserta keluarga menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya mudah-mudahan kerja sama ini dapat dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan lagi, sehingga Marsda TNI Bambang Triono akan semakin sukses memimpin Koharmatau ini.

Lebih lanjut Marsda Eddy Supriyono juga memohon maaf, bila mana selama kepemimpinannya ada hal-hal yang tidak berkenan. Diakhir kegiatan dilaksanakan acara pelepasan Passing Out Parade Komandan Koharmatau yang lama, yang diikuti seluruh personel Koharmatau baik perwira, bintara, tamtama serta pegawai negeri sipil. (Pen Koharmatau).

/Red

Bandung-Koharmatau. Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han) secara resmi menjabat sebagai Komandan Komando Pemeliharaan Materiel Angkatan Udara (Koharmatau) yang baru menggantikan Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., dengan ditandai dengan Upacara Serah Terima Jabatan di Makoharmatau,

yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA. Rabu (21/12/2022). Serah terima jabatan diawali dengan penandatanganan Fakta Integritas dan sumpah jabatan. Marsda TNI Bambang Triono, M.Tr.(Han) merupakan Alumni AAU 1988 sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Aeronautika TNI AU sedangkan Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., juga merupakan Alumni AAU 1988 selanjutnya sebagai Pati Mabesau, jakarta.

Dalam amanatnya Kasau menyampaikan sebagai pengawal Dirgantara Indonesia, sejatinya sangat tergantung pada kesiapan operasional alutsista matra udara, sebagai ujung tombak kekuatan udara nasional yang melindungi seluruh penjuru Indonesia. Oleh sebab itu, 

Jelas Kasau profesionalisme Koharmatau harus terus dipertahankan dan terus ditingkatkan sesuai dinamika dan tantangan masa depan khususnya melalui fungsi kepemimpinan yang efektif, yang dijalankan oleh Komandan Koharmatau.



Saya menilai, lanjut Kasau bahwa amanah tersebut telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh Marsda TNI Eddy Supriyono. Marsekal telah memberikan upaya terbaik dalam mendukung kesiapan operasional, menyempurnakan pengembangan satuan-satuan pemeliharaan, serta sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian Koharmatau dalam menghadapi perkembangan teknologi alutsista matra Udara, dalam upaya-upaya untuk mendukung terwujudnya TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani dikawasan. 

Bersamaan dengan serah terima jabatan Komandan Koharmatau juga dilaksanakan sertijab Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan III Koharmatau dari Ny. Agustin Eddy Supriyono kepada Ny. Yuyun Bambang Triono yang dipimpin oleh Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo,  (Pen Koharmatau)

/Red

Bandung-Koharmatau. Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., melaksanakan Exit Briefing kepada seluruh pejabat di lingkungan Koharmatau dan Depohar jajaran yang dilaksanakan di Gedung Basjir Soerya Makoharmatau Bandung. Senin (19/12/2022).

Exit Briefing yang dilaksanakan Dankoharmatau diakhir masa jabatannya bertujuan untuk berpamitan kepada seluruh pejabat Koharmatau dan keluarga besar Koharmatau pada umumnya atas segala kerjasama dan capaian kinerja selama ini. Jabatan Dankoharmatau rencananya akan diserahterimakan pada hari rabu (21/12/2022).

Dalam exit briefing tersebut Dankoharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., berpesan agar para perwira Koharmatau tidak cepat berpuas diri dengan hasil kerja yang telah dicapai, karena sikap tersebut akan membuat kita berhenti untuk berkarya, berkreasi dan berinovasi. Jelasnya Ingat, “Tugas dan jabatan adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan tulus ikhlas. Keberhasilan tugas masing-masing merupakan keberhasilan Koharmatau secara keseluruhan”.

Lakukan terus terobosan-terobosan baru dalam upaya meningkatkan kemampuan satuan sesuai dengan bidang tugasnya. Pegang teguh semboyan Sewana Karya Buddhi Sakti yang artinya Mencurahkan seluruh tenaga, kecerdasan, pengetahuan dan kekuatan untuk pengabdian pada nusa, bangsa dan negara.

Hadir dalam Exit Briefing Wadan Koharmatau Marsma TNI Joseph Rizki P., S.T.,M.I.Pol, Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos, para pejabat Koharmatau, para Dandepohar dan para pejabat Depohar jajaran.serta perwira Koharmatau. (Pen Koharmatau).

/Ree

Bandung-Koharmatau. Menjelang serah terima jabatan (Sertijab) yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu (21/12/2022) mendatang, Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., memimpin apel khusus yang diikuti para pejabat Koharmatau, para perwira, bintara, tamtama dan segenap pegawai negeri sipil Koharmatau di lapangan upacara Makoharmatau Bandung. Senin (19/12/2022).

Dalam sambutannya Komandan Koharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono menyampaikan bahwa dalam waktu satu tahun saya menjabat Dankoharmatau saya berusaha melakukan apa yang bisa saya lakukan agar Koharmatau ini menjadi organisasi yang lebih profesional ditandai dengan banyaknya inovasi dan ditahun mendatang dapat lebih mandiri, oleh sebab itu diperlukan sumber daya manusia yang benar-benar berkualitas untuk mendukungnya. Jelas Dankoharmatau.

Lebih lanjut Alumni AAU 1988 tersebut mengatakan diharapkan sumber daya manusia yang ada dikoharmatau ini benar-benar mampu dan berkualitas bila dihadapkan dengan perkembangan teknologi, prajurit Koharmatau mempunyai spesialisasi dibidang pesawat dengan berbagai tipe maupun pendukung lain.

Saya berharap sumber daya manusia di Koharmatau ini menjadi contoh dan tauladan oleh satuan lain baik disiplin, sikap, tingkah laku. Ungkap Dankoharmatau.

Sebelum mengakhiri sambutan Dankoharmatau menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan yang selama ini diberikan. “Atas nama keluarga apabila dalam bersosialisasi dan berinteraksi tentunya banyak terdapat hal-hal yang mungkin tidak berkenan di hati bapak dan ibu sekalian. Untuk itu dengan hati yang tulus, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Tutupnya. (Pen Koharmatau).

/Red

Rembang, Batara.News|| Dalam rangka mendukung pengelolaan sampah, Babinsa Koramil 06/Lasem Kodim 0720/Rembang Serka M.Muis melaksanakan kegiatan pendampingan pelatihan dan pengelolaan bank sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Rembang yang bertempat di desa Bonang kecamatan Lasem kabupaten Rembang, Jumat (16/12/22).

Dalam kegiatan ini diberikan pelatihan cara mengelolah sampah yang terbuang akan dapat di proses
menjadi produk yang bermanfaat. Selain itu juga diberikan materi untuk bersama-sama secara aktif mengurangi sampah di sekitar lingkungan hidup.

Babinsa mengatakan para kader bank sampah desa Bonang diharapkan memiliki tanggung jawab untuk mengajak para tetangganya menjaga kualitas lingkungan hidup di sekitar rumah masing-masing terutama masalah kebersihan dan daur ulang sampah.
Untuk para kader bank sampah juga mempunyai kewajiban untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pengolahan sampahnya kepada yang membutuhkan.

Babinsa Koramil 06/Lasem Serka M.Muis menyampaikan,”Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilih serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah,”Ucapnya.

“Untuk warga yang menabung juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.”Pungkasnya.

Moel/Syfdn

Bandung-Koharmatau.Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan III Koharmatau Ny.

Agustin Eddy Supriyono meresmikan Renovasi Gedung Depohar 70 TA 2022, Kamis (15/12/2022). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Komandan Koharmatau disaksikan oleh Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos., dan Komandan Depohar 70 Kolonel Tek Hery Soepri Yanto.

Dalam sambutan Dankoharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono berpesan agar semua personel Depohar 70 untuk dapat menggunakan kantor ini dengan sebaik-baiknya, guna mendukung kelancaran tugas pokok serta dapat merawat dan menjaga kebersihan Mako Depohar 70, sehingga tercipta lingkungan kerja yang nyaman.

Saya juga berharap, jelas Marsekal dengan dua bintang di pundak tersebut, dengan telah selesainya pembangunan gedung ini, dapat menambah semangat kerja dari seluruh personel Depohar 70 terlebih sebagai satuan di jajaran Koharmatau harus mampu menjawab tantangan yang semakin kompleks di bidang pemeliharaan tingkat berat terhadap peralatan Ground Support Equipment (GSE), ransus, SAR, allambangjasarbekud, alpeka, mesin stationer, produksi materiel serta produksi zat asam, tutupnya. (Pen Koharmatau).

/Red

Purwokerto – Korem 071/Wijayakusuma kembali raih penghargaan sebagai Satuan Kerja dengan Kategori Terbaik pertama dalam Kinerja Pelaporan Pertanggungjawaban Tahun 2022, serta Terbaik ke – 3 Kepatuhan Penyampaian Berkas SPM Asli Secara Lengkap dan Tepat Waktu dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) di lingkungan KPPN Banyumas Tahun 2022 di bidang penyerapan anggaran. Setelah ditahun sebelumnya, yakni Tahun 2021 juga mendapatkan penghargaan Satker terbaik penyerapan anggaran Tahun 2021.

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Kepala KPPN Purwokerto Herbudi Adriyanto kepada Letkol Inf Candra, S.E, M.I.Pol (Kasrem) mewakili Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., di Pendopo Sipanji Purwokerto Rabu (14/12/2022).

Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran ini merupakan alat ukur untuk menentukan tingkat kinerja satker khususnya dalam pelaksanaan anggaran. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menggunakan variabel-variabel yang terkait dengan pelaksanaan anggaran tersebut.

Diantaranya, penyerapan anggaran (bobot 20%), pengelolaan uang persediaan (10%), penyelesaian tagihan (20%) deviasi halaman III DIPA(11), penyampaian data kontrak, penyampaian LPJ bendahara, revisi DIPA, pengembalian/kesalahan SPM, dispensasi SPM, renkas/RPD harian, retur SP2D (masing-masing 5%)

Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) menjadi ukuran evaluasi kinerja dalam pelaksanaan anggaran yang memuat 12 indikator dan mencerminkan aspek kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan pada regulasi, serta efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.

Kolonel Yudha mengatakan, capaian tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi personel Korem 071/Wijayakusuma untuk terus bekerja dengan benar sesuai tupoksinya, sehingga dapat mewujudkan profesionalitas prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma.

Danrem mengaku bangga atas capaian dan hasil yang diperoleh Korem 071/Wijayakusuma tersebut, karena berturut-turut memperoleh IKPA terbaik ketiga tingkat KPPN Purwokerto meliputi kabupaten Banyumas dan Purbalingga yang terdiri dari 69 Satuan Kerja.

“Raihan dan penghargaan ini diperoleh atas kerja keras seluruh personel Korem 071/Wijayakusuma dan jajaran,” katanya.

Dia juga menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah membimbing dalam memimpin Korem 071/Wijayakysuma selama ini. Di mana seluruh upaya dan kerja sama segenap Satuan jajaran Korem dan Staf, mendapatkan hasil yang sangat membanggakan.

“Apa yang diterima ini, merupakan salah satu bukti keseriusan Korem 071/Wijayakusuma dan jajarannya dalam mengimplementasikan program reformasi birokrasi serta mewujudkan zona integritas Korem 071/Wijayakusuma,” ungkapnya.

/Red

REMBANG, Batara.News|| Sejumlah prajurit dan Persit Kodim 0720/Rembang ikut andil dalam kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka menyambut Hari Juang ke 77 TNI AD tahun 2022, bertempat di gedung Manunggal Kodim 0720/Rembang Jl. Diponegoro No. 73 Rembang, Rabu(14/12/22).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 100 personel dari Kodim 0720/Rembang dan 50 dari Persit turut serta mendonorkan darahnya sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan.

Komandan Kodim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak, S. Sos. M. Si mengatakan, kegiatan donor darah ini sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan dalam menyambut Hari Juang ke-77 TNI AD.

Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial Keluarga Besar Kodim 0720/Rembang kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” ujar Dandim.

Sementara itu di lokasi pelaksanaan donor darah, Serka Hamzah Babinsa Koramil 14/Sarang yang ikut menjadi pendonor, mengatakan, dengan setetes darah yang disumbangkan, diharapkan dapat menyelamatkan jiwa manusia.

Insya Allah darah anggota Kodim 0720/Rembang suatu saat akan bisa dimanfaatkan oleh petugas kesehatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkannya, saling berbagi pada sesama tidak hanya dalam bentuk materi namun juga bisa berbagi setetes darah yang bisa menyelamatkan orang lain. Setetes darah kita ini penting dan bisa menyelamatkan orang lain bagi mereka yang membutuhkan,” imbuh Pasiter Kapten Cba Hendrik Hermawan.

/Moel/Syfdn

Rembang, Batara.News|| Keakraban kepada warga binaan merupakan tugas pokok Babinsa. Salah satunya yaitu dengan melakukan komunikasi sosial dalam menciptakan interaksi serta kekompakan antara Babinsa dan warga binaannya yang berprofesi sebagai petani Jagung.

Inilah yang dilakukan oleh Serka Ahmad Kona’i Babinsa Koramil 08/Sluke Kodim 0720/Rembang dalam menjalin keakraban dan Melaksanakan Komsos dengan warga binaan yang bertempat di sawah pak Tugimin warga desa Sluke Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang. Keakraban tersebut dilihat saat warga dan Babinsa sedang istirahat bersama dan bersendau gurau pada acara penanaman dan perawatan tanaman Jagung. Selasa (13/12/2022).

Babinsa dalam kegiatan komsosnya mengatakan, kegiatan ini untuk mencerminkan rasa kemanunggalan TNI khususnya Babinsa kepada masyarakat wilayah binaannya. Tujuan Komsos ini juga untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan, dengan adanya interaksi komunikasi Babinsa dengan petani Jagung akan dapat mempererat hubungan TNI dan rakyat.

Dengan kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa, semoga dapat diterima positif oleh masyarakat, keberadaan Babinsa yang selalu memantau wilayah binaannya, maka Babinsa akan tahu permasalahan di wilayahnya. Sehingga jika ada permasalahan dengan cepat dapat diatasi dan diselesaikan,” kata Babinsa.

Danramil 08/Sluke Kapten Cba Juli Eko Triono menyampaikan bahwa pembinaan komunikasi sosial tersebut memang harus selalu dilaksanakan sebagai bagian dari pembinaan teritorial yang menjadi tugas pokok komando kewilayahan, baik Kodim maupun Koramil,”ujar Danramil.

/Moel/Syfdn

Rembang, Batara.News– Babinsa Koramil 0720/Rembang Kodim 0720/Rembang Serda Sugiyono bersama Bidan Desa Tasiksono melakukan pemberantasan jentik nyamuk penyebab DBD di desa Tasiksono, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Senin (12/12/2022).

Babinsa Tasiksono, Serda Sugiyono mengatakan, pihaknya bersama Bidan desa, dan perangkat desa mendatangi warga desa Tasiksono dari rumah ke rumah untuk mengecek dan menaburkan serbuk Abate pada bak mandi milik warga.

”Hal ini dilakukan dalam upaya mengendalikan dan memberantas jenis nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD)”, katanya.

Pada kesempatan ini Babinsa bersama Bidan desa dan perangkat desa juga menghimbau warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, hindari adanya genangan air karena hanya akan menjadi tempat berkembangbiak nyamuk. Bahkan untuk nyamuk aedes aegypti bisa berkembang diair bersih seperti bak mandi rumah, penampungan air hujan, dan lain-lain.

Ditempat terpisah Danramil 06/Lasem Kapten Chb Masrukin, mengatakan, pihak Koramil bekerjasama dengan UPT Puskesmas Lasem untuk melakukan upaya pencegahan DBD melalui pemberantasan jentik nyamuk dengan cara menaburkan serbuk Abate dibak penampungan air, bak mandi serta tempat lainnya.

upaya lainnya dilakukan melalui fogging pada tempat-tempat yang digunakan nyamuk berkembak biak dengan tujuan mengurangi populasi nyamuk sehingga resiko penularan penyakit melalui gigitan nyamuk dapat ditekan,”tandasnya.

Tidak itu saja, lanjutnya, para Babinsa bersama Bidan desa turun langsung ke masyarakat memberikan himbauan tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat supaya terhindar dari DBD, melalui gerakan 3M Plus yaitu menguras bak dan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, mengubur dan/atau memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang berpotensi menjadi sarang nyamuk serta tidur menggunakan kelambu, menyalakan obat nyamuk dan hindari gigitan nyamuk.

”Tentunya kita berharap, dengan upaya pencegahan ini, tidak ada warga yang terpapar DBD atau paling tidak bisa meminimalisir”, harap Kapten Chb Masrukin.

/Moel/syfdn

Banyumas – Dalam rangka Hari Amal Bhakti Kemenag ke 77 Danrem 071/Wijayakusuma turut serta meramaikan Gowes kerukunan dalam rangka tahun toleransi dan hari amal bhakti kemenag ke 77 yang diselenggarakan oleh Kemenag Banyumas berkolaborasi dengan Pemkab Banyumas dan FKUB Kabupaten Banyumas, Sabtu ( 10/12/2022).

Rangkaian kegiatan Gowes bertajuk Tilik Sedulur Lintas Iman, Beda Ning Rukun, tidak hanya diikuti oleh Forkompinda Banyumas, tetapi juga oleh anggota masyarakat sekitar kabupaten Banyumas penghoby gowes. Kegiatan yang berangkat dari titik start di halaman pendopo sipanji Kabupaten Banyumas dilepas oleh Wakil Bupati Banyumas Drs. H. Sadewo Tri Lastiono, M.M dengan melalui route Alun-alun Purwokerto-Jl. Jend. Gatot Subroto-Jl. Gereja (Gereja Katredal Krisyus Raja Purwokerto)-Jl. Dr. Angka-Jl. A.Yani-Jl. Letjen Pol.Soemarto-Pura Awatara SPN Purwokerto-Jl.Suparto-Pertigaan Tugu Batu-Jl.Moh.Basar-Wisma SUBUD-Pertigaan Pabuaran-Jl.Prof.Dr.Bunyamin-Perempatan Hotel Aston-Gor Satria Purwokerto-Jl.Dr.Suprapto-Perempatan Jl. Kaliputih-Jl.Martadireja I-Vihara Buddha Dipa Purwokerto-Jl.Martadireja I-Gereja Kristen Karunia Indonesia (GKKI) Purwokerto-Jl.Martadireja I-Jl. MT.Haryono-Jl.Vihara-Klenteng Hok Tek Bo Purwokerto-Jl.MT.Haryono-Jl. Jen Sudirman-Jl.DI.Panjaiatan-KantorKemenag Banyumas-Masjid Al Ikhlas-Kantor Sekretariat FKUB Banyumas.

Selain berolahraga menyusuri route jalan seputaran Purwokerto, para peserta juga membagikan bunga sebanyak 77 buah sesuai dengan Hari Amal Bakti Kemenag ke 77 kepada warga dibeberapa titik yang dilintasi dan juga mengunjungi beberapa tempat ibadah yang telah ditentukan dari berbagai agama, baik Islam, Kristen, Hindu, Buddha maupun Khonghucu sepanjang route yang dilalui selama perjalanan.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, bahwa kegiatan Gowes Kerukunan beragama yang dilaksanakan, disamping kegiatan olahraga juga merupakan kegiatan dalam rangka menggelorakan semangat kebersamaan dan semangat kerukunan antar umat beragama.

“Gowes Kerukunan beragama juga dalam rangka untuk menggelorakan semangat kebersamaan, dan semangat kerukunan. Untuk rute kita mencari yang strategis yang bisa mempresentasikan keterwakilan di tempat-tempat ibadah sebagai simbol kerukunan dan kebersamaan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., juga mengatakan bahwa kegiatan olahraga bersama ini khususnya gowes atau sepeda santai bersama segenap komponen dan elemen masyarakat diwilayah, sangat penting dilaksanakan, selain sebagai sarana olahraga juga sebagai wahana mempererat dan memperkokoh sinergitas, soliditas dan kebersamaan dalam rangka memperkuat kondusifitas wilayah yang semakin mantap.

“Gowes Kerukunan umat beragama ini, mungkin didaerah atau wilayah lain tidak ada, namun di Banyumas ini yang sudah erat kerukunan umat beragamanya, sangat penting untuk terus dilakukan guna untuk semakin kokoh dan eratnya kerukunan antar umat beragamanya”, paparnya.

“Saya sangat apresiasi, menyambut dan mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini. Inilah bentuk keragaman diwilayah menguatkan kebhineka tunggal ika-an dengan kerukunan umat beragamanya”, terangnya.

Danrem berharap dengan kegiatan ini, toleransi antar umat beragama di Kabupaten Banyumas semakin baik dan kokoh, dan dapat menjadi contoh bagi wilayah lain khususnya di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Banyumas – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E , melepas 79 prajurit yang akan bertugas di satuan komando kewilayahan jajaran Korem 071/Wijayakusuma, Jumat (8/12/2022) di Aula Ahmad Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Ke 79 prajurit tersebut merupakan prajurit-prajurit baru pindahan dari berbagai satuan jajaran TNI AD ke Korem 071/Wijayakusuma dan telah melaksanakan masa orientasi dan adaptasi di lingkungan Makorem 071/Wijayakusuma selama 4 minggu setelah mereka sebelumnya bertugas di berbagai satuan baik tempur, banpur maupun satuan lainnya.

Danrem 071/Wijayakusuma menekankan agar para prajurit yang akan bertugas di wilayah Korem 071 / Wijayakusuma untuk melaksanakan tugas dengan ikhas dan optimal.

“Syukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa, kalian sudah di satuan kewilayahan dan sudah berada dimana kalian idamkan. Walaupun hal ini mungkin tidak sesuai yang diinginkan kalian, namun kalian harus tetap bersyukur bisa bertugas di Jawa atau kalian sudah bertugas di kewilayahan, khususnya di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma” kata Kolonel Inf Yudha Airlangga.

Terkait dengan penempatan prajurit, Danrem sudah berupaya untuk menempatkan prajurit barunya sesuai dengan domisilinya, namun karena tuntutan organisasi dilingkungan TNI AD khususnya di wilayah Korem 071/Wijayakusuma masih banyak jajaran Kodim yang belum terpenuhi personelnya sesuai organisasi satuan Kodim, sehingga personel baru tersebut ditempatkan di satuan Kodim-Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang masih kekurangan personel tersebut.

“Bersyukur karena kalian sudah bertugas di kampung halaman sendiri, kalian harus bisa melihat, mungkin masih banyak rekan-rekan kalian yang masih bertugas nun jauh di sana, jauh dari tanah kelahirannya, bertugas di perbatasan jauh dari mana-mana. Karenanya, saya minta kalian lapang dada dan ikhlas menerima penempatan dimanapun yang akan kalian tempati,” ungkapnya.

Kolonel Yudha juga berpesan kepada prajuritnya agar dalam melaksanakan tugasnya senantiasa menghormati adat istiadat dan masyarakat setempat dimana mereka bertugas.

“ Dalam pelaksanaan tugas nantinya, kalian sebagai Babinsa agar berdinas dengan baik, hormati adat istiadat, hormati masyarakat setempat dan selalu berkomunikasi dengan warga masyarakat, karena babinsa adalah jantunya atau motornya Korem dan Kodam,

kalin harus bisa jadi panutan dan tumpuan masyarakat untuk mengatasi kesulitan kesulitan serta permasalahan yang ada ditengah masyarakat, mengingat TNI adalah lembaga paling dipercaya jadi kalin harus menjaga nama baik instansi, satuan, serta namabaik keluarga dan nama baik kalian sebagai Babisa.” tegasnya.

“Kalian harus bisa menjadi contoh dan panutan masyarakat, harus bisa membimbing masyarakat serta taat aturan, dan tertib menjaga keamanan serta mampu bangun wawasan kebangsaan dan kesadaran bernegara pada masyarakat untuk memperkuat Rakjuang, kemudian laksanakan tugas tugas lainya dengan baik,

kalian harus pandai dan lues dalam bermasyarakat agar bisa masuk berdampingan dan ditrima dimasyarakat, kuncinya adalah kalian harus mampu beradaptasi di lingkungan masyarakat” pungkasnya.

/Red

Rembang, Batara.News – Embung atau danau kecil buatan manusia sangat berfungsi mengatasi masalah kekeringan lahan persawahan di kala kemarau.

Terkait hal tersebut Kamis (8/12/2022), Babinsa Koramil 04/Sumber Kodim 0720/Rembang Serda Purwanto bersama dengan warga melakukan aktivitas perbaikan embung yang rusak pasca banjir yang bertempat di desa Krikilan kecamatan Sumber.

“Sebagai anak kandung rakyat, Babinsa Koramil 04/Sumber Kodim 0720/Rembang sigap bantu atasi kesulitan rakyatnya. Babinsa bersama warga desa bersama-sama perbaiki embung yang berfungsi sebagai tempat persediaan air untuk lahan pertanian di waktu musim kemarau tiba,” jelas Serda Purwanto.

Harapannya, lanjutnya. Dengan adanya giat tersebut dapat meningkatkan komunikasi sosial dengan masyarakat serta membantu mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat desa Krikilan, sehingga bisa terjalin hubungan silaturahmi yang lebih erat.

Disamping, kemanunggalan TNI Rakyat tetap terjalin dengan baik dan tetap solid, tutup Babinsa.

Sementara itu, Mugiono (anggota kelompok tani) menyampaikan apresiasinya dan terima kasihnya atas bantuan dan dukungan Babinsa yang selama ini banyak membantu membangun dan perbaikan infrastruktur desa. ”kami kagum atas dedikasi para Babinsa khususnya di Desa Krikilan ini, dimana setiap hari Babinsa selalu hadir di tengah tengah kami,” ujar Mugiono (Pendim 0720/Rembang)

/Moel/Syaefudin

KOTABARU, BATARA.NEWS – Bentuk jalinan sinergitas antara jajaran anggota TNI Kodim 1004 Kotabaru bersama insan pers, diimplementasikan dalam sebuah diskusi yang membahas tentang eksplorasi kemajuan pembangunan dan perkembangan ekonomi di Kabupaten bertajuk Bumi Sa Ijaan.

Dalam sambutanya Dandim 1004 Kotabaru, Letkol Inf Boni Berdian, S.E. menuturkan, menjalin komunikasi bersama awak media, menurutnya sangat perlu dilakukan. Mengingat di Kabupaten Kotabaru ini masih banyak hal penting yang perlu dipublikasikan.

“Dengan adanya silahturahmi ini, mari kita kawal bersama-sama perkembangan pembangunan di Kotabaru,” ujarnya, Rabu, 07 Desember 2022.

Lantaran letak geografis Kabupaten Kotabaru berada di kepulauan, lanjut Dandim, masih banyak wilayah yang perlu dieksplor mengenai potensi perkembangan pembangunan dan perekonomian masyarakatnya.

“Seperti di Pulau sembilan misalnya, di sana angota saya (Babinsa), dengan dibantu Babinkantibmas sering berjibaku membantu masyarakat disektor pembangunan fasilias umum.” imbunya,

Adanya koordinasi tersebut, Dandim meminta, hubungan antara awak media dengan jajaran anggota TNI yang bertugas di Kodim 1004 dapat terjalin harmonis dan seirama.

“Kalau ada kendala di lapangan jangan sungkan-sungkan untuk koordinasi dengan anggota kami. Saya berharap jalinan komunikasi yang harmonis ini terus ditinggkatkan.” tandasnya.

/Ari

Rembang, Batara.News – Dipimpin Danramil 03/Sulang Lettu Kav Suparyanto, personel Koramil 03/Sulang melanjutkan pemupukan dan penyemprotan lahan tebu area lahan Demplot Koramil 03/Sulang yang bertempat di desa Kaliombo kecamatan Sulang kabupaten Rembang (07/12/2022).

Kegiatan ini merupakan pensuksesan program pemerintah di bidang ketahanan pangan atau swasembada pangan.

Koramil Sulang Melaksanakan Pemupukan Dan Penyemprotan di Lahan Demplot Koramil

Oleh karena itu, para Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal yang berkaitan dengan pertanian. Seperti yang dilakukan oleh anggota Koramil 03/Sulang dalam penanaman area perkebunan serta melanjutkan pemupukan dan penyemprotan pupuk dan insektisida untuk tanaman tebu.

“Sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah, maka kami (Koramil 03/Sulang) akan terus melakukan program Pemerintah dengan melaksanakan ketahanan pangan salah satunya penanaman Tebu,” ucap Danramil 03/Sulang Lettu Kav Suparyanto.

Selain itu, untuk memastikan seluruh jajaran Koramil khususnya yang bertugas di lapangan adalah para Babinsa agar secara intensif melakukan pendataan, pengecekan maupun pendampingan terhadap petani dalam memonitoring tanaman tebu.

Sedangkan pemupukan dan penyemprotan yang dilakukan anggota Koramil Sulang tersebut adalah salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produksi dengan relatif cepat, serta menyuburkan media tanah yang digunakan.

“Selain itu, juga akan membantu menghambat hama ataupun pertumbuhan penyakit pada tanaman Tebu dengan tepat sesuai dosisnya,” pungkas Danramil.

/Moel/Syaefudin

Rembang,Batara.News -Dengan melakukan komunikasi dilapangan tentunya akan terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat, Babinsa Koramil 08/Sluke Sertu Sodikin melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan seorang petani di desa Leran Kec. Sluke, Kab. Rembang, Selasa (06/12/2022).

ditempat terpisah Danramil 08/Sluke Kapten Cba Juli Eko Triono mengatakan Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk bisa bekerjasama dalam rangka peningkatan program swasembada pangan nasional yang sudah dicanangkan oleh pemerintah,” jelas Danramil.

“Komunikasi dengan masyarakat tidak mengenal tempat, di mana masyarakat berbuat di situlah Babinsa selalu berusaha untuk hadir, ini sebagai wujud kedekatan TNI dengan masyarakatnya,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut Sertu Sodikin berdiskusi dengan petani seputar kondisi pertanian diwilayah mereka serta kemungkinan kendala yang ditemui para petani dalam menggarap sawah.

“Keberhasilan dalam pertanian akan berdampak positif bagi masyarakat. Dengan begitu masyarakat akan terpenuhi persediaan stok bahan pangan terutama padi yang melimpah.” kata Babinsa.

“Selain itu, juga mewujudkan peningkatan produksi serta kualitas padi serta mendukung program pemerintah, khususnya swasembada pangan,” pungkas Babinsa (Pendim 0720/Rembang).

/Moel/Syaefudin

Sedan, Batara.News|| Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondisif. Piket Penjagaan Koramil 13/Sedan Kodim 13/Sedan Sri Hartono, melaksanakan giat Patroli di SPBU Desa Sedan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang tepatnya dijalan raya Sale-Sedan. Senin malam (05/12/2022).

Hal ini dilakukan anggota Koramil 13/Sedan yang melaksanakan piket untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas serta menekan aksi kejahatan yang terjadi dilokasi SPBU ini.

Dengan tetap mengedepankan sikap yang ramah, ikhlas dan penuh senyum, pesan-pesan kamtibmas pun disampaikan terhadap karyawan SPBU agar hati hati dan waspada terhadap tindak kejahatan peredaran uang palsu dan tindak kejahatan lainnya. Dan bila terjadi sesuatu gangguan kamtibmas segera menghubungi Koramil atau Polsek setempat,” Ungkap Sri Hartono.

Danramil 13/Sedan Kapten Inf Mustamir mengatakan bahwa patroli rutin telah dilakukan oleh Anggota Koramil 13/Sedan, Patroli juga dilakukan terhadap sejumlah obyek vital lainnya, seperti Bank, kantor pemerintahan, toko perhiasan, Alfa Mart, serta pusat-pusat keramaian lainnya diwilayah Kecamatan Sedan singkatnya.

“Sebagai TNI tentu kami memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan yang terbaik serta rasa aman bagi masyarakat,” terangnya.

( Moel/Syfdn )

Rembang, Batara.News- Universitas Muhamadiyah Kudus berikan sosialisasi terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru kepada Prajurit dan Persit Kodim 0720/Rembang yang bertempat di gedung Mununggal Kodim 0720/Rembang.

Dalam sambutan Dandim 0720 Rembang Letkol Czi P.Simanjuntak S.Sos.M.Si mengatakan puji syukur yang Allah SWT dan selamat datang Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus bapak Rusnoto di Kodim 0720 Rembang ini.

Saya sangat berterimakasih bisa kerja sama kepada Universitas Muhammadiyah Kudus dengan Kodim 0720 Rembang dan kerjasama itu nilainya dikompersip mudah-mudahan bisa berkerjasana kedepannya. Terutama untuk anak anak kita bisa mendaftar atau menjadi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Kudus “ tambah Dandim.

Dandim berharapkan kepada seluruh prajurit jika anaknya tidak diterima di perguruan Tinggi Negeri (PTN) bisa kuliah di Universitas Muhammadiyah Kudus” tutup Dandim.

Dalam sambutaan Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus bapak Rusnoto mengatakan terimakasih kepada Dandim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak, S.Sos.M.Si yang telah memberikan kesempatan Universitas Muhammadiyah Kudus untuk memberikan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru. Kuliah ini sampai saat ini masih menggunakan daring dan bagi yang ASN bisa sambil bekerja bisa melaksanakan kuliah dan Universitas Muhammadiyah Kudus sudah memiliki 23 program studi.


Ada bisnis digital ini merupakan gabugan dari ekonomi berbasis menejemen ini merupakan program kami pada saat ini, kami sangat berharap putra putri nya supaya bisa di informasikan ini juga bisa sambil bekerja tutup sang Rektor.

/Moel/Syaefudin

Bandung, Batara.news | PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-66 di Gedung Wiradinata Mako Kopasgat Bandung. Jumat (2/12/2022). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung Ny. Agustin Eddy Supriyono, Wadanseskoau Marsma TNI Ronny Moningka, Wadan Kopasgat Marsma TNI Budi Sumarsono, S.A.P., Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos., Para pejabat TNI AU Bakorda Bandung, Cabang dan Pengurus PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung serta hadirin dan segenap anggota PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung.

Acara HUT ke-66 PIA Ardhya Garini ditandai pemotongan tumpeng oleh Ketua PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung dan diteruskan dengan acara fashion show (peragaan busana).

Komandan Koharmatau Marsda Eddy Supriyono, S.E., M.M., selaku Pembina PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung yang dibacakan Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos dalam sambutannya menyampaiakan di tengah-tengah tantangan tugas yang semakin kompleks, peran PIA Ardhya Garini sebagai organisasi istri prajurit dan organisasi kemasyarakatan harus senantiasa eksis.

PIA AG Bakorda Bandung Rayakan HUT ke-66

Aspek kesejahteraan keluarga prajurit dan kegiatan sosial kemasyarakatan harus senantiasa menjadi tujuan utama. Jelas Dankoharmatau.

Lebih lanjut Marsda Eddy Supriyono mengatakan. Selama ini, organisasi PIA Ardhya Garini telah melaksanakan peran sosialnya dengan baik dan membanggakan. saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung. Pungkasnya.

Sementara Ketua PIA Ardhya Garini Bakorda Bandung Ny. Agustin Eddy Supriyono pada kesempatan tersebut mengatakan sebagai sebuah organisasi kewanitaan tentunya PIA Ardhya Garini ingin para istri anggota TNI AU mampu menjadi sosok pelopor baik dalam kehidupan keluarga,

organisasi maupun dimasyarakat yaitu dengan menunjukkan kepribadian yang baik. Ungkapnya. (Pen Koharmatau).

/Red

Rembang, Batara.News – Program Ketahanan Pangan (Hanpangan), merupakan program pemerintah, Kementrian Pertanian bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Indonesia.

Untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Rembang, Kodim 0720/Rembang akan selalu mendampingi para petani melalui Babinsa yang ada di desa-desa, untuk memberi pembinaan dan semangat kepada petani khususnya para petani tebu.

Hal ini yang dilakukan Babinsa Koramil 07/Pancur Kodim 0720/Rembang Sertu Wiyono melaksanakan Komsos dan pembinaan ketahanan pangan dengan ketua kelompok petani tebu Rukun Santoso bapak Nur Hasim di dukuh Karanglo desa Tuyuhan kecamatan Pancur kabupaten Rembang, Rabu (30/11/22).

Di tempat terpisah Dandim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak,S.Sos, M.Si mengatakan, kegiatan ketahan pangan ini untuk mewujudkan semangat para petani, dalam merawat tanamannya dan bisa menghasilkan panen yang lebih baik.

“Pembinaan dan pendampingan petani akan dilakukan Babinsa yang ada di desa desa, dengan adanya Babinsa sebagai mitra petani semua permasalan petani akan segera teratasi, jadi peran Babinsa sangat penting ditengah masyarakat dan petani,” ujarnya Dandim.

Selanjutnya, Sertu Wiyono mengatakan akan menjembatani petani dalam persoalan kelangkahan pupuk, benih dan irigasi, dan melaporkan ke Dinas terkait, sehingga permasalahan petani bisa ada solusinya.

dengan adanya pembinaan dan pendampingan babinsa terhadap petani tebu khususnya di desa Tuyuhan, kelangkaan pupuk yang dikeluhkan petani bisa teratasi dan bisa mencarikan solusi dari hasil panen dengan harga jual yang tinggi,” harap Babinsa Sertu Wiyono ( Pendim 0720/Rembang).

Moel/Syaefudin

Batara.news

Rembang, Batara.News – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III TA 2022 Kodim 0720/Rembang resmi ditutup. Acara penutupan berlangsung di lapangan Desa Bogoharjo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Rabu (09/11/2022).


Dalam sambutannya Panglima Daerah Militer IV/Diponegoro Mayor Jenderal Widi Prasetijono yang dibacakan Komandan Kodim 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak, S.Sos,M.Si mengatakan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, diantaranya para anggota TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan, sejak tanggal 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022, saling bahu membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD.

Dalam mempercepat pembangunan di wilayah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah-daerah 3 T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), perbatasan, daerah kumuh perkotaan maupun daerah yang dilanda bencana alam.

Saya bangga, berkat kerja sama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, sasaran fisik TMMD berupa pembangunan/rehab infrastruktur berupa jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni serta pembangunan sarana sanitasi warga dapat terselesaikan
Selain itu, sasaran non fisik berupa sosialisasi terhadap Stunting, pembekalan terhadap Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), penyuluhan Bela Negara, bahaya Narkoba, pertanian, peternakan, kesehatan dan lain-lain, juga dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana. Program sasaran non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui maraknya penyalahgunaan Narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas, serta isu bangkitnya kembali paham komunisme dan radikalisme, yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia.tutupnya .

Dandim Rembang juga menambahkan apresiasi kepada pihak Pemerintah Kabupaten Rembang dan Pemerintah kabupaten Rembang serta seluruh masyarakat di wilayah sasaran TMMD. Berkat dukungan dan kerjasama yang baik, semua program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2022 Kodim 0720/Rembang berjalan sukses.


Diharapkan hasil pembangunan melalui TMMD memberi nilai positif bagi kesejahteraan masyarakat. Manfaatnya dirasakan masyarakat dalam kurun waktu lama.

“Wujud pembangunan fisik merupakan buah sinergitas positif dalam mewujudkan kondisi juang yang tangguh. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan dan merawat demi kesejahteraan bersama,” tandas Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak, S.Sos.M.Si. (Pendim 0720/Rembang).

/Moel/Syaefudin

Batara.news

Jakarta, Batara.news | Komandan Depo Pemeliharaan (Dandepohar ) 20 Madiun Kolonel Lek Agus Himawan, M.Sc., menyerahkan buku dengan judul “Teknologi Avionik” kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., disela acara Seminar Nasional Tantangan TNI AU dalam Perkembangan Teknologi Elektronika Penerbangan di Gedung Puri Ardhya Garini, Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Selasa (8/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., menyampaikan terimakasih kepada Dandepohar 20 beserta tim yang sudah meluangkan waktu untuk membuat buku Teknologi Avionik.

Dandepohar 20 Serahkan Buku Teknologi Avionik Kepada Kasau

“Saya berharap dengan adanya buku ini kita dapat mengetahui dan memahami perkembangan teknologi elektronika penerbangan yang begitu pesat” terang Kasau.

Dandepohar 20 Kolonel Agus Himawan M.Sc mengatakan buku setebal 115 halaman ini dapat terbit dengan sempurna berkat bimbingan dan dukungan dari Dankoharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E.,M.M. dan juga Wadan Koharmatau Marsma TNI Joseph Rizki Prabowo, S.T.,M.I.Pol.


Ide penulisan buku ini, ujar Ahim panggilan akrab Agus Himawan, melihat perkembangan teknologi elektronika penerbangan yang begitu pesat khususnya teknologi avionik pesawat tempur, sehingga membutuhkan system dengan kamampuan yang berbasis teknologi elektronika penerbangan yang mutakhir. Jelasnya.

/Red

Batara.news

Blitar, Batara.news | Pasca terjadinya bencana tanah longsor, anggota Koramil Tipe B 0808/15 Gandusari Kodim 0808/Blitar bersama tiga pilar dan warga masyarakat, melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan material akibat tanah longsor, tepatnya di rumah Bapak Mesiran (60) tahun, warga Dusun Tirtomoyo RT 04/01 Desa Krisik Kec. Gandusari Kab. Blitar, Selasa (8/11/2022).

Dengan penuh semangat, anggota Koramil Tipe B 0808/15 Gandusari bersama tiga pilar dan warga masyarakat saling bahu membahu dan bekerja sama untuk melaksanakan kegiatan pembersihan material akibat bencana tanah longsor yang menimpa bagian belakang rumah Bapak Mesiran, hingga bersih kembali.

Anggota Koramil Gandusari Bantu Warga Binaannya Bersihkan Material Akibat Bencana Tanah Longsor

Pgs. Danramil Tipe B 0808/15 Gandusari Kodim 0808/Blitar Letda Inf Misdi saat di ditemui menyampaikan, bahwa curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi mulai siang hingga malam hari, di wilayah Kecamatan Gandusari mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor dan menimpah bagian belakang rumah salah satu warga masyarakat.

Lebih lanjut ia menambahkan, pasca kejadian tersebut, langsung memerintahkan anggotanya untuk membantu melaksanakan pembersihan material akibat bencana tanah longsor, guna meringankan beban Bapak Mesiran.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian TNI bersama segenap komponen masyarakat dalam membantu kepada sesama yang sedang membutuhkan bantuan, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Letda Inf Misdi juga menghimbau kepada warga masyarakat yang lain, agar senantiasa waspada, karena saat ini musim penghujan.

Dan bagi warga masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor untuk selalu berhati hati, harapnya (Dim0808).

/Red

Batara.news

Rembang,Batara.News| Dalam rangka meningkatkan budidaya tebu, Kodim 0720/Rembang bekerja sama dengan Kementrian Pertanian mengadakann sosialisai dan pendampingan kegiatan budidaya tanaman tebu Tahun 2022 di wilayah kabupaten Rembang yang bertempat di gedung Manunggal Kodim 0720/Rembang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Brigjen TNI Mar I Made Wahyu Santoso (Waaster Panglima TNI), Aster Kasdam IV/ Diponegoro Kolonel Arm Tejo Widhuro, Dandim 0720 Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak S.Sos.M.Si, Kasiter Korem 073/Makutarama Letkol Arh Nur Setyasno, Kepala Dinas Pertanian Bapak. Agus Iwan dan Danramil serta Babinsa yg mempunyai daerah binaan petani tebu yg tersebar di Rembang.

Kementrian Pertanian Dan Kodim Rembang Kerjasama Adakan Sosialisasi Budidaya Tebu

Dalam sambutan Komandan Kodim 0720/ Rembang mengatakan puji Syukur kehadirat Allah SWT yang mana Pada kesempatan hari ini kita dapat menghadiri kegiatan sosialisasi budidaya tebu dalam keadaan sehat Wal Afiat.
Kami ucapkan selamat datang kepada Waaster Panglima TNI Brigjen TNI Mar I Made Wahyu Santoso yang telah hadir serta dari Kementerian Pertanian yang telah hadir juga,semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan peran serta Kami khususnya para Babinsa untuk ikut mendampingi dan mengawal budidaya tanaman tebu sehingga kedepan dapat swasembada tebu maupun gula, tutupnya.

Sambutan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI Mar I Made Wahyu Santoso mengatakan kegiatan ini merupakan suatu bentuk wujud tindakan untuk meningkatkan swasembada pangan dalam hal ini adalah swasembada tebu maupun gula sehingga kedepan kebutuhan akan gula akan terpenuhi dan tercapai untuk mengurangi import gula itu sendiri.

Dengan menggandeng kepada Instansi TNI utamanya nanti yang akan mendampingi adalah para Babinsa-Babinsa diharapkan kegiatan tersebut akan senantiasa berjalan lancar,adapun kendala kendala yang terjadi dilapangan nantinya akan selalu dapat ditangani dengan cepat dan tepat sehingga program dari pemerintah ini dapat terlaksana dengan baik dengan perluasan lahan untuk penanaman tanaman tebu.

Pada tahun 2020 produksi gula kristal putih ( GKP ) yang berasal dari tanaman tebu di Indonesia tersebar di berbagai wilayah provinsi Jawa, Sumatra, Sulawesi,dan sebagian kecil dikepulauan Nusa Tenggara adapun provinsi yang merupakan sentra tebu adalah Jawa timur disusul Lampung dengan produksi gula masing masing sebanyak 985.511 dan 732.143 ton, tutup Waaster TNI Panglima TNI.

Dalam sambutan Kepala Dinas pertanian Bp Agus Iwan menambahkan komuditas tebu saat ini menjadi salah satu titik perhatian pemerintah dalam rangka pencapaian tingginya tingkat konsumsi gula dalam negeri dan terus meningkat setiap tahunya yang belum sebanding dengan peningkatan produksi gula dalam negri.Namun demikian tercapainya swasembada gula nasional, pemerintah dan pihak yang terlibat harus berkolaborasi agar program yang relevan dapat terintegrasi.

Beberapa upaya akan dilaksanakan melalui program antara lain penambahan luas area tebu, revitalisasi usaha tani tebu, revitalisasi pabrik gula BUMN, pembangunan pabrik gula baru. Kementan sebagai pihak yang bertanggung jawab mempunyai program yaitu dari rawat ratoon dan eksentisifikasi perluasan tebu.

Bantuan yang diberikan dalam program ini yaitu rawat ratoon yaitu bantuan kepada petani berupa pupuk majemuk NPK sebanyak 400Kg/Ha, pembenahan tanah sebanyak 13 liter/Ha, obat obatan ( Herbisida ) 4 liter/Ha. Perluasan tebu yaitu bantuan kepada petani berupa pupuk majemuk NPK sebanyak 400Kg/Ha, pembenahan tanah sebanyak 13 liter/Ha,obat obatan Herbisida 4 liter/Ha bantuan biaya tanam 25 HOK/Ha.

Pendampingan, pengawalan, dan monitoring evaluasi yaitu memastikan keamanan kebun sumber benih, keamanan penyalur Saprodi dan benih sampai ke petani, pendampingan dan pengawalan aplikasi Saprodi dan penanaman tanaman tebu, monitoring dan evaluasi. Tutup Kepala Dinas Pertanian.

Setelah kegiatan sosialisasi selesai dilanjutkan meninjau lahan tebu pak Rijanto petani kelompok tani bumi mulyodesa ketangi yg di tanam di desa gedangan Rembang.(Pendim 0720/Rembang)

/Moel/Syaefudin

Batara.news

Banyumas, Batara.news| Menjelang tutup tahun anggaran 2022, Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro dipimpin Ketua Seksi Organisasi Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Harton, melakukan pengecekan dan pemeriksaan melalui verifikasi data pengurus guna tertib administrasinya, Selasa (8/11/2022) di ruang Pusdalops Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Natania Yudha Airlangga mengatakan pemeriksaan dan pengecekan pada verifikasi tersebut merupakan salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan dengan cara pengecekan terhadap data maupun dokumen keuangan organisasi Persit secara administratif, sesuai dengan pedoman dan kriteria yang berlaku dalam organisasi Persit.

Guna Tertib Administrasinya, Persit KCk Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Lakukan Verifikasi

“Dengan tujuan, agar tidak ada kesalahan dalam pembukuan baik dalam dokumen keuangannya maupun administrasi lainnya dan guna untuk tertib administrasi. Karena hal ini, akan dijadikan pedoman dikemudian hari dan sebagai bahan pelaporan ke tingkat Daerah”, ungkapnya.

“Dalam kegiatan verifikasi ini, satu-persatu pembukuan, baik data maupun keuangan diperiksa. Hal ini agar tidak ada kesalahan dikemudian hari. Apabila ditemui kesalahan atau kekurangan, maka akan dijadikan pedoman untuk perbaikan” ujar istri Danrem 071/Wijayakusuma ini.

Ditambahkan, kegiatan verifikasi ini wajib dilakukan agar di kemudian hari tidak timbul suatu permasalahan yang berkaitan dengan data maupun administrasi keuangan serta barang inventaris lainnya.

“Untuk itu, seluruh pembukuan, baik keuangan maupun administrasi lainnya harus segera selesai sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus dan selanjutnya dijadikan sebagai pedoman Ketua Persit,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan verifikasi merupakan bagian dari rangkaian fungsi pengendalian dari Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro terhadap para pengurusnya dalam melaksanakan program kerja yang telah menjadi tanggung jawabnya, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan, serta administrasi keuangan yang efektif, efisien, dan transparan.

Ny. Yudha berharap, hasil verifikasi ini dapat dijadikan sebagai pedoman demi kelancaran pelaksanaan tugas selanjutnya.

/Red

Batara.news

Dankoharmatau Pimpin Sertijab Kabliktek

Bandung, Batara.news| Komandan Koharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., memimpin acara serah terima jabatan Kepala Publikasi Teknik (Kabliktek) Koharmatau, dari Kolonel Tek Eko Budiono, S.Sos., kepada Kolonel Tek Dely Setiawan bertempat di Ruang Kerja Dankoharmatau. Senin (7/11/2022).

Kolonel Tek Eko Budiono, Sos., selanjutnya menjabat sebagai Asisten Logistik (Aslog) Koopsud 2 Makassar, dan Kolonel Tek Dely Setiawan sebelumnya menjabat sebagai Perwira Ahli Golongan IV Bidang Sistem Pesawat Terbang Dislitbangau.

Pada kesempatan tersebut Dankoharmatau mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Tek Eko Budiono, S.Sos., yang telah menjalankan tugas sebagai Kabliktek dengan baik dan dan kepada Kolonel Tek Dely Setiawan,

Saya mengucapkan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan pimpinan TNI Angkatan Udara, untuk menduduki jabatan baru sebagai Kabliktek Koharmatau dan saya yakin dengan pengalaman sebelumnya Kolonel Dely Setiawan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik sebagai Kabliktek Koharmatau. Pungkasnya. (Pen Koharmatau).

/red

Batara.news

Pati, Batara.news| Balai Desa Dukuhseti dan Sekolah SDN 1 Dukuhseti di Tutup, tak boleh lagi ada aktifitas di situ, pasalnya kedua bangunan tersebut ternya berdiri bukan di tanah milik desa melainkan hak milik salah satu warga Dukuhseti.

Bermula dari perseteruan sengketa kepemilikan lahan yang diatasnya berdiri dua bangunan, Kantor Desa Dukuhseti dan gedung SD Negeri 2 Dukuhseti memasuki babak baru. Dua fasilitas umum tersebut kini disegel oleh keluarga dan kuasa hukum Sunari, sebagai atas nama Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah.

Beti Wirandini & Associates Law Office melalui Muhamad Saiful Rizal, S.H.,M.H. selaku kuasa hukum Sunari menyebut, langkah ini dilakukan karena sesuai sertifikat hak milik dengan nomor 342 atas nama Soenari bin Tanus dengan luas tanah 2.500 meter persegi.

“Sementara ini kami segel dulu sampai ada titik temu penyelesaiannya dari dinas dinas terkait Kabupaten Pati,” terang Saiful Rizal usai pemasangan banner, Minggu 06 November 2022.

Balai Desa Dukuhseti dan Sekolah SDN2 Dukuhseti di Tutup

Ditambahkan, aksi dari penyegelan akses masuk ke dua gedung tersebut merupakan langkah hukum yang kongkrit. Lantaran, dua kali pihaknya melayangkan surat somasi kepada pemerintah pada tanggal 4 dan 30 September 2022 tidak pernah ada tanggapan.

“Berdasarkan sertifikat tanah milik klien kami. Oleh karena itu kami akan mengambil hak klien kami. Ini sudah sejak 1964 tapi klien kami yaitu pak Sunari tidak mendapatkan hak-hak atas tanah yang dimilikinya,” imbuhnya.

Ditempat yang sama sementara Camat Dukuhseti, Agus Sunarko mengungkapkan, pihaknya menghormati langkah yang ditempuh kuasa hukum pak Sunari. Pihaknya meminta agar pemerintah desa melakukan upaya gugatan jika meyakini tanah itu miliknya.

“Pemerintah desa supaya bisa melakukan gugatan. Nanti kami juga akan melaporkan masalah ini ke pemkab dalam hal ini. Apalagi melihat status SD sudah negeri pastinya tanahnya sudah diserahkan ke pemkab, ini bukan lagi SD inpres,” ujar Agus Sunarko.

Selain itu meskipun disegel, pihaknya memastikan aktivitas pelayanan tetap dilakukan yaitu melalui kerja dari rumah. Sedangkan untuk anak-anak sekolah dipastikan tetap mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan menumpang ke sekolah terdekat.

“Untuk perangkat desa selama penyegelan, silahkan work from home (WFH). Selain itu kami akan pastikan tidak akan ada siswa yang terbengkalai dalam proses belajar mengajar. Kami juga meminta agar semua pihak menahan diri agar kondusif Jangan sebar hoax dan terpengaruh provokasi yang nantinya hanya memperkeruh suasana,” tegasnya.

/Nur/Rud

Batara.news

Bandung,Batara.news| Keluarga besar Koharmatau mengadakan acara family gathering di Makoharmatau. Sabtu (5/11/2022). Kegiatan diikuti oleh Komandan Koharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E.,M.M., beserta Ketua PIA Ardhya Garini Gab III Koharmatau Ny. Agustin Eddy Supriyono dan seluruh pejabat serta seluruh anggota Koharmatau beserta keluarga.

Acara diisi dengan berbagai kegiatan seperti, senam bersama, aneka permainan dan kegiatan, pembagian doorprize dan panggung hiburan yang menghadirkan artis Yok Koeswoyo diiringi Zero Four Band Koharmatau.

Family Gathering Keluarga Besar Koharmatau

Dalam sambutannya Dankoharmatau Marsda Eddy Supriyono menyampaikan kegiatan ini selain mempererat hubungan bapak dan ibu sebagai orang tua dengan anak-anaknya, juga hubungan silaturahmi antar keluarga di Koharmatau untuk lebih saling mengenal dalam suasana yang menyenangkan. Jelas Dankoharmatau.

Semoga rasa penat setelah disibukkan kegiatan rutin sehari-hari, dengan kegiatan family gathering ini dapat terobati, dengan gembiraan dan suasana menyenangkan yang ada. Mari kita berpartisipasi tanpa sungkan dan ragu-ragu, karena semua ini adalah dari kita dan untuk kita. Pungkasnya.

/Red

Batara.news

Rembang, Batara.News|| Waktu masih menunjukkan pukul 05:30 pagi, namun ratusan peserta telah memadati lapangan Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang untuk berpartisipasi mengikuti senam sehat bersama.

Senam sehat pagi ini minggu 06/11/2022 di ikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan yang ada di kecamatan sedan, bahkan dari luar kecamatan pun banyak yang hadir untuk turut serta memeriahkan.

Untuk memberikan semangat serta motivasi para peserta, panitia juga memberikan hadiah door prize yaitu berupa kipas angin, kompor gas, magicom, seterika, mesin cuci, serta berbagai macam hadiah hiburan lain bagi peserta yang beruntung.

Sahabat Ganjar Pranowo Gelar Senam Sehat

Nasrudin Kepala Desa Karas koordinator penyelenggara acara menyampaikan,” Kenapa kita pilih Senam aerobik, karena sama halnya dengan kegemaran figur kita, Ganjar Pranowo yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah, yang sangat menyukai olah raga terutama senam dan lari, senam sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan berdampak terhadap kualitas hidup seseorang,” ujarnya.

Lanjutnya, acara yang mengusung tema ” Sehat Bersama Ganjar Pranowo, diadakan berdasarkan hasil observasi langsung terhadap masyarakat, khususnya kecamatan sedan yang lebih menyukai senam.

Ayo dalam rangka gerakan masyarakat hidup sehat, salah satu aktivitas yang harus kita lakukan adalah rutin berolahraga untuk tetap menjaga dan memelihara kesehatan,” imbuhnya.

/ Syfdn/moel

Batara.news

Blitar,Batara.news| Kodim 0808/Blitar melakukan panen perdana jagung dalam rangka ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, Sabtu (5/11/2022).

Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono, S.E., didampingi Danramil Tipe B 0808/09 Sutojayan, Camat dan Kapolsek memanen jagung secara simbolis disaksikan Administratur Perhutani Blitar.

Dandim menuturkan, semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung, sehingga pembinaan yang sudah baik ini akan tetap terjaga, kebutuhan khususnya jagung bisa terpenuhi dan masyarakat sangatlah terbantu, sebab dalam program ini, hasil diserahkan kepada masyarakat sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Lebih lanjut Dandim menegaskan, sesuai dengan perintah Bapak Kasad, kami TNI jajaran TNI AD membantu Pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Kodim 0808/Blitar Gelar Panen Jagung Bersama

Untuk mengantisipasi krisis pangan, maka TNI AD memanfaatkan lahan-lahan tidur untuk ditanami jagung, padi dan sebagainya, hasil panen jagung itu akan diberikan kepada masyarakat.

TNI AD dimanapun bertugas harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat, apapun kesulitannya dan harus menjadi solusi karena itu sebagai bukti nyata TNI hadir untuk mengatasi kesulitan-kesulitan masyarakat.

Saya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat di wilayah Sutojayan dan termasuk pihak Perhutani Blitar yang telah ikut mendukung dalam menyukseskan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan secara kerja sama dengan TNI AD, pungkasnya.

/Red

Batara.news

Rembang, Batara.News – Dalam rangka mengantisipasi berkembangnya Balatkom dan Paham Radikal di lingkungan TNI AD, Kodim 0720/Rembang menyelenggarakan kegiatan pembinaan antisipasi Bahaya Laten Komunis (Balatkom) dan Paham Radikal, bertempat di gedung Manunggal, Makodim 0720/Rembang . Kamis(03/11/2022).

Acara Sosialisasi ini dibuka oleh Komandan Kodim (Dandim) 0720/Rembang Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak,S.Sos.M.Si dengan mengambil tema “Waspada Komunisme dan Paham Radikal Demi Keselamatan NKRI “.

Dandim Rembang Buka Sosialisasi Balatkom dan Paham Radikalisme

Dalam sambutannya Dandim 0720/Rembang menyampaikan bahwa komunisme bukan paham baru di Indonesia. Paham ini telah tumbuh dan berkembang sebelum Indonesia merdeka. Sejarah gerakan komunis di Indonesia menunjukkan bahwa dalam melancarkan gerakannya terutama infiltrasi dan insurgensi kaum komunis memanfaatkan anak-anak muda dan wanita serta mendekati tokoh-tokoh agama.

Untuk itu Letkol Czi Parlindungan Simanjuntak,S.Sos.M.Si
berpesan kepada anggotanya untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan akan bahaya laten komunisme dan paham radikal dengan melakukan strategi pencegahan dan penanggulangan bahaya laten komunisme.

“Upaya pro aktif dari Apkowil dan unsur intelijen sangatdiperlukan dalam membantu pengawasan dan upaya pencegahan sebagai Langkah antisipasi agar paham atau ajaran Komunis dan radikal tidak berkembang dan membahayakan kedaulatan negara” Tegas Dandim.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya perkembangan sejarah dan Tindakan terhadap Partai Komunis di Indonesia dan Perkembangan Paham Radikal di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Danramil Jajaran Kodim 0720/Rembang, Pastaf Kodim 0720/Rembang, Danpos TNI AL, Perwakilan Minvetcad Rembang, Perwakilan Babinsa dan Persit KCK Cab XLI Dim 0720/Rembang.(Pendim 0720/Rembang)

/Moel/Syaefudin

Batara.news

Bandung,Batara.news| Komandan Koharmatau (Dankoharmatau) Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E.,M.M. meresmikan Lapangan Airsoft Gun Panther Koharmatau, bertempat di Makoharmatau Bandung. Selasa (1/11/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Pia Ardhya Garini Gab III Koharmatau, Ny. Agustin Eddy Supriyono, Ketua dan Pengurus Perbakin Kota Bandung, Marsda TNI (Purn) Tri Suryono, Wadan Koharmatau Marsma TNI Joseph Rizki Prabowo, S.T.,M.I.Pol, Ir Koharmatau Marsma TNI Didik Bangun Rahardjo, S.Sos serta para pejabat Koharmatau dan tamu undangan. (Pen Koharmatau).

Lapangan Airsoft Gun Koharmatau Diresmikan

Dalam sambutannya Dankoharmatau Marsda TNI Eddy Supriyono, S.E., M.M., menyampaikan rasa bangga karena Koharmatau kini telah memiliki lapangan Airsoft Gun yang cukup memadai untuk berlatih, bahkan dapat digunakan untuk berlomba. Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan akan berguna dan bermanfaat bagi kita semua khususnya anggota Koharmatau. Jelasnya.

Komandan berharap dengan adanya Lapangan Airsoft Gun Koharmatau ini dapat menjadi tempat pembinaan latihan secara berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan bibit-bibit atlet menembak yang handal, dan berprestasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan tirai papan nama Airsoft Gun, pemotongan tumpeng dan diteruskan dengan demo pelaksanaan Airsoft Gun oleh profesional dari AA IPSC dan percobaan lapangan oleh para pejabat Koharmatau ditutup dengan ramah tamah.

/Red

Batara.news

Madiun,Batara.news| Komandan Depo Pemeliharaan (Depohar) 20 Kolonel Lek Agus Himawan, M.Sc. menjadi inspektur upacara pada serah terima jabatan Komandan Satuan Pemeliharaan (Dansathar) 22 dan Komandan Satuan Pemeliharaan 24 Depo Pemeliharaan 20, di Lapangan Upacara Depohar 20, Madiun. Selasa (1/11/2022).

Dansathar 22 dari Letkol Lek Eko Prasetyo, M.Han. kepada Mayor Lek Catur Adi Nugroho, S.T., sementara Dansathar 24 dari Letkol Lek Agus Suryo Wibowo, S.T., M.Sc. kepada Letkol Lek V. Aswin Wicaksono.

Sertijab Dansathar 22 dan Dansathar 24

Sementara itu juga di tempat yang berbeda, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 8/Gab III Depohar 20 Ny. Mita Agus Himawan memimpin serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 02-8/Gab III Sathar 22 Depohar 20 dari Ny. Evi Eko Prasetyo kepada Ny. Astri Catur Adi Nugroho dan Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 05-8/Gab III Sathar 24 Depohar 20 dari Ny. Amino Agus Suryo kepada Ny. Galuh Aswin Wicaksono.

Dandepohar 20 Kolonel Agus Himawan M.Sc. mengatakan jabatan merupakan amanah, sehingga semua yang kita lakukan ada pertanggungjawabannya, saya juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas prestasi dan pengabdian yang telah ditunjukkan oleh Komandan yang lama,

Saya berharap apa yang selama ini telah dilakukan agar dilanjutkan bahkan ditingkatkan, karena ke depan tugas yang kita emban akan semakin berat dan kompleks untuk itu diharapkan dapat muncul kreatifitas dan inovasi-inovasi yang membanggakan. Pungkasnya.

/Red

Batara.news

Rembang, Batara.News| Berbagai cara dilakukan anggota Kodim 0720/Rembang untuk meningkatkan kebugaran fisik di antaranya melaksanakan olahraga bola Voli. Olahraga bola Voli tersebut dilaksanakan di Lapangan Voli Makodim 0720/Rembang, Jalan Diponegoro No.73 Rembang, Selasa (01/11/2022).

Kegiatan rutin tersebut dilaksanakan dalam rangka menjaga imunitas tubuh agar tetap prima, dengan berolahraga secara teratur serta melaksanakan pola hidup sehat dengan memakan makanan yang bergizi serta menjaga kebersihan lingkungan, diharapkan akan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Jaga Kebugaran Fisik, Anggota Kodim 0720/Rembang Olahraga Bola Voli

Kegiatan olahraga seperti permainan bola voli ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kegiatan seperti pagi ini dimanfaatkan anggota Kodim 0720/Rembang untuk melakukan olahraga bola voli demi menjaga kebugaran fisik anggota.

Pasi Ops Kodim 0720/Rembang Kapten Inf Muhammad Dimulyo mengatakan bahwa selain untuk meningkatkan derajat kesehatan para anggota Kodim 0720/Rembang, olahraga voli juga bermanfaat dalam meningkatkan kekompakan dan keakraban para anggota sehingga nantinya dalam menjalankan tugas dapat bekerjasama dengan baik.

“Olahraga bola voli ini merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan anggota Kodim 0720/Rembang setiap hari Selasa pagi dengan tujuan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan anggota serta melatih kekompakan dan keakraban antar anggota Makodim Rembang.” Ujarnya.

Moel/syaefudin

Batara.news

Bandung, Batara.news| Dalam rangka bulan disiplin Peringatan ke-76 Hari Ulang Tahun Pomau Tahun 2022, satuan Provost Denma Koharmatau melaksanakan Pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelengkapan personel dipimpin langsung Dansatprov Denma Koharmatau Lettu Pom Purwanto Tri Subagyo, di Mako Koharmatau Bandung, Senin (31/10/2022).

Satprov Denma Koharmatau Adakan Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Pengecekan kelengkapan ini dimaksudkan untuk meningkatkan disiplin seluruh personel Koharmatau, agar selalu melengkapi identitas diri saat melakukan aktivitas diluar rumah baik saat melaksanakan dinas maupun bersifat pribadi serta selalu memperhatikan kelengkapan saat berkendaraan baik surat kendaraan maupun kondisi kendaraan itu sendiri.

“Dengan mematuhi aturan atau ketentuan yang berlaku seperti kelengkapan surat-surat kendaraan, fisik kendaraan dan helm standar yang sudah ditentukan niscaya akan menambah percaya diri dan disiplin bagi pengendara bermotor.” Sehingga dapat menjadi contoh dan tauladan bagi masyarakat umum.

/Red

Tidak Ada Postingan Lagi.

Tidak ada lagi halaman untuk dimuat.