Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 12 Kasiman Sukses Gelar Pelantikan Anggota Baru

Batara.news || Dalam suasana penuh semangat dan kekeluargaan, Saka Wira Kartika Koramil 12 Kasiman berhasil menggelar perkemahan dan Pelantikan Anggota Baru ( PAB ) selama dua hari, Sabtu dan Minggu 12-13 Oktober 2024.

 

Kegiatan yang berpusat di Pangkalan Koramil 0813-12/Kasiman, ini menjadi wadah bagi para pemuda untuk mengasah keterampilan kepramukaan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

 

Sejak hari pertama, peserta telah dibekali dengan berbagai kegiatan yang menarik.

 

Mulai dari dinamika kelompok untuk membangun kekompakan, materi wawasan kebangsaan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, hingga kegiatan berbagai krida untuk mengasah keterampilan para anggota baru.

 

Beberapa krida yang di ajarkan diantaranya, Krida Tali temali, Krida Kesehatan lapangan, Krida Survival, Krida Navigasi darat.

 

Puncak acara adalah upacara api unggun yang menjadi simbol semangat Persatuan dan Kebersamaan.

 

Dari api unggun tersebut mempunyai 3 makna yaitu, Api Berkobar mengandung makna Semangat yang membara, Api Panas mengandung makna Kekuatan yang luar biasa, Api Bercahaya mengandung makna petunjuk dan persaudaraan

 

Hari kedua diisi dengan kegiatan bakti sosial, jelajah alam, dan yang paling ditunggu adalah upacara penutupan dan pelantikan anggota baru.

 

Dalam prosesi upacara Pelantikan Anggota Baru Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 12 Kasiman tersebut di tandai dengan minum air kelapa muda dan penyiraman bunga tujuh rupa.

 

Dengan upacara tersebut para peserta resmi menjadi anggota Saka Wira Kartika dan siap menjalankan tugas serta tanggung jawab sebagai generasi muda yang berkarakter.

 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Selain mendapatkan ilmu kepramukaan, kami juga bisa menjalin persahabatan dengan teman-teman dari berbagai sekolah,” ujar Joevansa Fetdiyansah, salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini.

 

Serka Sadik selaku Pembina Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 12 Kasiman menyampaikan harapannya agar para anggota baru dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas, memiliki jiwa kepemimpinan, dan selalu siap mengabdi untuk bangsa dan negara.

 

“Kami berharap kegiatan ini dapat mencetak generasi muda yang tangguh, mandiri, dan berkarakter,” ujarnya.

 

Lebih lanjut dia berharap, Saka Wira Kartika Pangkalan 12 Kasiman dapat terus berkembang dan melahirkan generasi muda yang berkualitas serta berwawasan luas.

 

Untuk diketahui, anggota baru Saka Wira Kartika Koramil 12 Kasiman merupakan angkatan ke-2 dengan jumlah 38 anggota yang berasal dari SMA N 1 Kasiman,SMK N Kasiman,SMAN 1 Kecamatan Padangan dan SMK Migas Kecamatan Cepu.

 

Dalam rangkaian kegiatan dan kesuksesan acara tersebut Pembina Saka Wira Kartika di dampingi Koptu Suyudi selaku Pamong Saka Wira Kartika Pangkalan Koramil 12 Kasiman dan Dewan Saka.

 

/Al

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *