Getol Gaungkan Wisata, Pemkab Kotabaru Berembuk Akademis Bersama Universitas Dr Sutomo

oleh -104 Dilihat

KOTABARU, BATARA.NEWS – Dalam rangka menggaungkan potensi pariwisata dikancah region hingga nasional, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, gelar diskusi bersama tim akademisi Universitas Dr. Sutomo, Surabaya.

Kunjungan salah satu perguruan tinggi yang terkenal hebat dalam memberikan kajian ilmu akademis itu, diharapkan Sekertaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Drs. H. Said Akhmad, MM., dapat membawa pengaruh positif dibidang peningkatan potensi wisata.

“Adanya diskusi bersama universitas Dr. Soetomo ini, diharapkan potensi wisata dapat dipromosikan dengan mudah.” ujarnya, selasa, 10 Januari 2023.

Sesuai dengan visi misi Bupati, lanjutnya, progam peningkatan potensi wisata untuk mendongkrak sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus dapat diwujudkan. Karena, Kabupaten Kotabaru memiliki destinasi pariwisata terindah se Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Potensi wisata disini bisa diandalkan, karena panjang bentang pantai dan letak geografis kepulauan di Kotabaru memiliki daya tarik pemandangan alam yang paling eksotis se Kalimantan Selatan.”tandas Sekda Kotabaru.

Tak hanya itu, dalam acara diskusi tersebut juga dikatakan Dr. Siti Marwiyah, SH, MH., rektor Universitas Dr. Sutomo, langkah positif Pemkab Kotabaru dalam hal pengembangan potensi wisata perlu diapresiasi, karena project tersebut sangat tepat untuk pertumbuhan ekonomi kemasyarakatan.

“Saya melihat Bupati Kotabaru sangat fokus dalam perkembangan ekonomi dibidang pariwisata, dari pada mengeksplor sumber daya alam seperti tambang yang suatu saat nanti bisa habis.” tuturnya,

Bahkan menurut Siti, potensi wisata alam di Bumi Sa Ijaan juga tak kalah eksotis jika dibandingkan dengan destinasi pariwisata yang dimiliki Pulau Dewata Bali. Apalagi setelah ia beserta rombongan usai berkunjung ke Desa Rampa Berkah salah satu lokasi wisata favorit di Kotabaru.

“Kotabaru ini tidak kalah keren dengan Bali, tinggal bagaimana digarap nantinya. Misalnya seperti tempat wisata di Desa Rampa Berkah ini, selain unik dan memiliki ciri khas tersendiri, potensi wisata di Desa Rampa Berkah juga sangat menarik jika dilakukan penelitian lebih lanjut.” tandasnya.

Sementara itu, selaku Leading Sector dalam hal kemajuan pariwisata di Kotabaru, Risa Ahyani, Pelaksana Tugas Disparpora memaparkan, kedatangan rektor Universitas Dr. Sutomo bersama pemilik yayasan ke Kotabaru dalam rangka melakukan uji pengembangan wisata.

“Ada beberapa tempat wisata di Kotabaru yang akan dikunjungi selama 3 hari berturut-turut, salah satunya tempat wisata Desa Rampa Berkah.” ucapnya,

Selain itu, Risa juga memaparkan kepada rektor Universitas Dr. Sutomo, dari hasil inventarisasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, ada sebanyak 145 tempat atau lokasi yang berpotensi dijadikan destinasi pariwisata.

“Terdapat 145 tempat wisata di Kotabaru, 6 diantaranya menjadi prioritas Kawasan Pengembangan Pariwisata (KPP).” pungkasnya.

/Ari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.