Anak Petani Kotabaru Jadi Polisi. Karena Amanah, Antarkan Ia Sebagai Kapolsek Di Tanah Kelahirannya

Berita Daerah114 Dilihat

KOTABARU,BATARA.NEWS – Berkat amanah dalam mengemban tugas sebagai pelindung dan pengayom masyarakat, anggota korps Bayangkara yang terlahir dari keluarga petani asal Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan ini akhirnya jabat Kapolsek di kampung halamannya.

Kisah inspiratif yang diangkat berdasarkan cerita fakta dari salah satu anggota Polres Kotabaru ini mungkin dapat dijadikan refrensi positif bagi para generasi dalam menggapai mimpi dan cita-cita.

Terbukti, berkat kejujuran dalam mengemban amanah, pria bernama asli Sidiq Martujet, yang lahir di Desa Pamukan Indah, Kecamatan Pamukan Utara, atau salah satu Desa terpencil eks transmigrasi di Kotabaru 34 tahun silam itu, karirnya terbilang moncer dijajaran Kepolisian.

“Pada bulan Juli 2022 saya diberi amanah menjabat sebagai Kapolsek Hampang, Polres Kotabaru hingga sekarang. Ini kabupaten tanah kelahiran, dan saya sangat bersyukur bisa bertugas di kampung halaman,” ucap Sidiq, Senin,19 Desember 2022, sore.

Bahkan di tahun 2018 lalu, dirinya mengaku, pernah mendapatkan Reward langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, lantaran aksinya kala membantu bocah dari keluarga kurang mampu yang memakai sepatu tak layak alias bolong untuk pergi ke sekolah viral di media sosial.

“Karena aksi itu mendapatkan respon positif dari publik, oleh pak Kapolri Tito Karnavian, saya diganjar penghargaan pendidikan gratis ke Sekolah Calon Perwira (Secapa).” tuturnya,

Polisi berpangkat perwira satu tersebut mengungkapkan, karirnya dimulai pada tahun 2004 silam, kala itu ia mendaftar sebagai anggota polisi melalui jalur Bintara di Tanah Bumbu sebagai Kabupaten baru pemekaran dari Kabupaten Kotabaru.

“Setelah lulus dari pendidikan, setahun kemudian saya ditugaskan ke Mapolres Tanah Bumbu, dan pada tahun 2007, ditugaskan di Mapolsek Kuranji hingga tahun 2018 sebagai Bhabinkamtibmas Desa Ringkit Polsek Kuranji, Polres Tanah Bumbu.” Jelas Sidiq,

Paska lulus pendidikan perwira, lanjutnya, pada tahun 2019 ia ditugaskan di lingkup Mapolres Tanah Bumbu, dengan jabatan sebagai Kapolsek Karang Bintang. Kemudian pada tahun 2020, ia digeser masuk kandang dan bertugas menjadi Sat Intelkam Polres Tanah Bumbu.

“Akhirnya pada tahun 2022, saya kembali dipindah tugaskan sebagai Kapolsek subsektor, (Polsek persiapan di Kecamatan Kusan Tengah) Tanah Bumbu, dan merangkap sebagai Waka Polsek Kusan Hilir, kemudian hingga bulan juli 2022 saya diberi amanah menjabat sebagai Kapolsek Hampang, Polres Kotabaru ini.” tandasnya.

/Ari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *