Jaga Kelestarian Alam Kotabaru, Indocement Genjot Progam Penanaman Pohon

Berita Daerah81 Dilihat

KOTABARU,BATARA.NEWS – Eksistensi PT. Indocemet Tunggal Prakarsa, Tbk Tarjun, yang berkedudukan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan selatan, dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan terus digaungkan ke masyarakat.

Melalui progam penghijauan, perusahanan industri semen berlebel tiga roda tersebut terus menjalin kolaborasi bersama kalangan masyarakat, baik dari aktivis lingkungan, unsur pemerintahan, institusi TNI, Polri, dan komunitas awak media pemberitaan, untuk melakukan penanaman pohon produktif di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Disampaikan Environment Head PT ITP Tarjun, Eva Ariani, dengan berkolaborasi bersama kelompok awak media pemberitaan dan LSM Pekerja Sosial Masyarakat, serta didukung oleh pihak instansi terkait, setidaknya ada 8 Desa di 2 Kecamatan yang menjadi sasaran penghijauan.

“sebanyak 275 batang pohon seperti, durian, mangga, pete, jambu, jengkol, cemekdak, klengkeng, mahoni dan beberapa bibit lainnya tertanam di Desa Gunung Ulin 2 lokasi, Sungai Taib, Semayap, Dirgahayu, Baharu Utara, Batuah, Sigam, dan yang terakhir Desa Hilir Muara,” jelasnya, Kamis, 15 November 2022.

Selain membantu peran pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam, lanjutnya, mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga hutan untuk kelangsungan hidup generasi yang akan datang juga perlu disosialisasikan.

“kegiatan ini sangat bermanfaat, karena melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat didalamnya. Tentu tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan lingkungan dengan upaya reboisasi, supaya dapat mencegah daerah-daerah yang dinilai rawan bencana,” imbuh Eva,

Tak hanya itu, progam penghijauan PT. Indocemet Tunggal Prakarsa, Tbk Tarjun, juga diharapkan dapat menjadi pilot project untuk masyarakat sekitar yang menjadi target penanaman pohon agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Kegiatan ini kedepan akan dijadikan pilot project di semua Desa binaan. Harapannya tahun 2023 nanti akan terus berlanjut, karena Indocement melihat sangat bermanfaat, dan kebetulan perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang mendapatkan grand label,” tandasnya,

Menanggapi hal tersebut, Masduki, salah satu juru warta Lintaskalimantan.co , dengan didampingi Zamzanie, Koordinator Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), mengucapkan apresiasi atas terlaksananya progam penanaman pohon yang diinisiasi oleh Indocement.

“Kita patut apresiasi kepada PT ITP yang telah menggagas kegiatan ini, yang mana bukan hanya wartawan dan LSM saja yang menerima manfaatnya namun lebih kepada masyarakat sekitar.”ucapnya,

Terlaksanya progam penghijauan itu, menurut Duki, justru dapat meningkatkan hubungan baik antara PT ITP, masyarakat, wartawan dan LSM di Kabupaten Kotabaru untuk terus membangun sinergi yang positif.

“Sekali lagi terimakasih kepada Indocement dan pihak-pihak yang membantu, kami merasa bangga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat langsung berkenaan dnegan pentingnya menjaga kawasan hutan,” tandasnya,

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotabaru, H M Maulidiansyah menyampaikan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan dalam perbaikan kualitas lingkungan hidup.

“Kami terus support dan mendukung kegiatan semacam itu, apalagi untuk menjaga lingkungan.” pungkasnya.

/Ari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *