Galang Dana Swadaya, Karang Taruna Desa Ngawen Salurkan Bantuan Di Dua Titik Korban Banjir

Berita Daerah80 Dilihat

PATI, Batara.news | Aksi sinergitas peduli sosial ditunjukan para pemuda dan Karang taruna Desa Ngawen, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati. Dengan memberikan bantuan kepada korban banjir di Desa Sinomwidodo, Tambakromo dan Gunungpanti Winong.

Aksi yang digelar pada Senin 5 Desember 2022 itu, menurut Aik Anton selaku Kepala Desa (Kades) Ngawen, hal ini ditujukan sebagai bentuk kepedulian Desa Ngawen terhadap korban bencana alam.

Ia juga sangat mengapresiasi warganya yang mempunyai jiwa sosial. Lantaran sumber dana untuk bantuan ini bersumber dari dana swadaya masyarakat yang dikumpulkan oleh tim karang taruna desa.

“Alhamdulillah kami dari Desa Ngawen Margorejo bisa sedikit membantu saudara-saudara kita yang beberapa hari lalu terkena musibah banjir bandang. Pemuda dengan sukarela mengumpulkan dana dari warga untuk kemudian kami belikan bahan makanan dan sembako untuk korban,” ujarnya.

Dari dana swadaya tersebut, Aik memaparkan bahwa sebanyak kurang lebih 5jt dana yang terkumpul, lalu kemudian uang tersebut dibelanjakan keperluan logistik dari beras hingga peralatan memasak serta obat-obatan.

Aik Anton juga berharap apa yang dilakukan oleh desanya ini dapat memotivasi desa lain untuk saling bantu terhadap sesama. Dengan adanya sinergritas antar desa, dirinya yakin tanggap bencana desa lain dengan segera membantu para korban. Menurutnya, bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Pati harus ditangani bersama dengan kepeduliannya antar desa bersama dengan masyarakatnya.

“Desa lain juga harus melakukan apa yang kami lakukan. Sinergi antar desa ini tentu penting sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama,” tambahnya.

Sebelumnya ia mengatakan, berencana memberikan bantuan terhadap korban banjir di Desa Mintobasuki dan Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus. Akan tetapi, karena banjir sudah reda bantuan dialihkan ke desa lain dengan kerusakan cukup besar.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *