Peserta Turnamen Catur Di Bojonegoro Membrudak, Bukti Olahraga Satu Ini Digemari Masyarakat

Peserta Turnamen Catur Di Bojonegoro Membrudak, Bukti Olahraga Satu Ini Digemari Masyarakat

BOJONEGORO, BATARA.NEWS – Sebanyak 341 peserta dari 80 sekolah di Bojonegoro, Jawa Timur ikuti Turnamen Catur Bupati Cup tahun 2022 yang berlangsung di GOR Sania Satya wada Polres Bojonegoro.

Ratusan peserta lomba tersebut dibagi dalam empat kategori. Yakni, kelas 1 sampai 3 SD putra dan Putri, kelas 4 sampai 6 SD putra dan putri, kemudian SMP putra dan putri, serta SMA putra dan putri.

‘’Ini yang terbanyak jumlah peserta yang pernah digelar di Bojonegoro,’’ kata Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Bojonegoro Tonny Ade Irawan. Sabtu, 03 Desember 2022.

Peserta Turnamen Catur Di Bojonegoro Membrudak, Bukti Olahraga Satu Ini Digemari Masyarakat

Dia menjelaskan, jumlah peserta sangat berimbang dari wilayah timur dan barat Bojonegoro. Sehingga hal itu menujukkan bahwa olahraga catur telah diminati secara merata oleh masyarakat.

Tak hanya itu, selama ini turnamen catur lebih banyak didominasi dari wilayah timur. Meski saat ini berimbang dari wilayah barat dan timur namun secara peta kemampuan atlit didominasi dari wilayah Timur.

‘’terbukti banyak dari wilayah timur yang keluar sebagai juara,’’ tegasnya.

Dengan adanya hal tersebut, menurut Tonny Ade Irawan, menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Percasi Bojonegoro untuk lebih meningkatkan kemampuan atlit. Sehingga dalam setiap kejuaraan yang akan diikuti ditingkat regional akan lebih banyak pilihan.

‘’Ini hasil evaluasi kami sekaligus menjadi tantangan pembinaan catur ke depan,’’ ungkapnya.

Saat ditanya mengenai detail peserta dia menuturkan terbanyak didominasi dari tingkat SMP sederajat. Bahkan jumlah nya membludak.

‘’Karena banyaknya peserta, sehingga semula yang kami rencanakan lima babak harus dilaksanakan dalam tujuh babak guna menentukan juara,’’ tuturnya,

Sementara untuk kategori SD kelas 4 sampai dengan 6, lanjutnya, juga lumayan banyak.

“Setidaknya atlit catur di Bojonegoro akan semakin banyak, terima kasih kepada KONI Polres dan Dinpora yang mendukung turnamen ini,” ucap Tonny,

Turnamen Bupati Cup tahun ini merupakan kolaborasi antara Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bojonegoro, serta KONI Kabupaten Bojonegoro. Dan tahun ini terdapat Sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan. Selain catur terdapat Futsal, Sepakbola, Bulutangkis, Tenis Meja, Pentaque, Bola basket, Bola Volley serta E Sport.

‘’Saat ini tinggal Sepak bola yang masih belum menyelesaikan pertandingan,’’ tutur Kabid Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Saifuddin.

Reporter : Ali/Dok/Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *