LMDH Wilayah Blora Terima Kucuran Dana Shering Produksari Perhutani

Berita Daerah37 Dilihat

Batara.News

REMBANG, Batara.News|-Sejumlah Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Perhutani Mantingan yang berada di wilayah Kabupaten Blora terima kucuran dana sharing produksi tahun 2019 dan tahun 2020. Penerimaan dilakukan dikantor KPH Mantingan Rabu,(06/07/2022).

Turut hadir dalam penyerahan dana sharing Adm Mantingan Ir. Marsaid dan jajaran menegemen Perhutani Mantingan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aliansi tajam Zulfa Wawda,LSM Karya Alam Lestari (Kalal) Isnina Sa’diyah, LMDH Sumber Urip desa Kalinanas, LMDH Jati Tunjungsari desa Tunjungan.

Administratur KPH Mantingan Marsaid menyampaikan untuk sharing tahun 2019 dan 2020 baru terbagikan karena kami menunggu koreksi hitungan riil dari Direksi Perhutani. Untuk penerima dana sharing bisa dimanfaatkan untuk kegiatan organisasi dan juga untuk sosial. Jumlah Sharing yang terbagikan untuk 2 LMDH sebesar Rp. 86.809.250 juta rupiah.

Apalagi untuk tahun 2022 Perhutani bisnis nya sudah berubah menjadi entitas bisnis to bisnis. Mau tidak mau LMDH harus membentuk koperasi ataupun bergabung dengan Bumdes. Karena secara legal yang diakui oleh Perhutani ada payung hukum sebagai dasar dalam bermitra.”terang Marsaid.

Jadi nantinya LMDH harus berubah baju, agar bisa bermitra dengan Perhutani dalam bisnis dan semua kegiatan dibidang kehutanan. Dan Perhutani sudah melebarkan sayap bisnisnya mulai dari biomassa dan juga Agroforestry Tebu Mandiri (ATM).

Ia juga berharap dukungan penuh dari LMDH dan Masyarakat penggarap sekitar hutan untuk tetap menjadi mitra dan bekerjasama dengan tetap mengedepankan kelestarian hujtan.”Pungkasnya.

LSM Aliansi tajam Pendamping Perhutani Zulwa Wawda menambahkan untuk LMDH penerima Sharing bisa dimanfaatkan untuk memperkuat roda organisasi agar tetap bisa bermitra dengan Perhutani. Karena mulai sekarang bisnis dari Perhutani harus dengan lembaga berbentuk Koperasi maupun BUMDES.

Ketua LMDH Sumber Urip Sarbini bahwa untuk dana sharing ini sudah kami plot untuk kegiatan di desa, sosial dan kas organisasi sebagai penguat roda organisasi agar tetap berjalan dan eksis,” tuturnya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Perhutani yang telam membagikan kucuran dana sharing kami dua tahun sekaligus. Ini angin segar bagi organisasi kami agar tetap eksis dan bisa mengembakan ekonomi di sekitar desa pangkuan kami. Kata dia.

Lanjut Sarbini kami bahwa LMDH Sumber Urip akan tetap bermitra dengan Perhutani dan kebetulan kami juga sudah mempunyai Koperasi sehingga sudah siap bermitra dengan Perhutani”beber dia.

(Joko M).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *