Dua Desa Di Wilayah Trangkil Di Terpa Angin Puting Beliung Hingga Berapa Rumah Alami Kerusakan

 

PATI, Batara.news || Sebanyak dua desa yakni Desa Tlutup dan Karangwage, di Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati Jawa Tengah diterjang angin puting beliung disertai hujan deras pada Rabu siang 20 Maret 2024 sekitar pukul 13.00 WIB. Akibatnya, sejumlah pohon besar tumbang dan mengakibatkan kerusakan pada bangunan rumah warga, gudang, hingga balai desa.

 

Laporan dari Balai Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyebutkan, setidaknya ada enam di RT 01 dan RT 05 Desa Karangwage yang menjadi korban.

 

“Atap rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung. Di RT RW 01 ada empat rumah dan satu gudang, sedangkan di RT 05 RW 02 satu rumah,” ungkap kepala BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya pada Kamis 21 Maret 2024.

 

Sementara itu di Desa Tlutup, sebanyak tujuh rumah warga, balai desa, hingga makam juga rusak akibat kencangnya tiupan angin dan pohon besar yang tumbang.

 

Disamping kerusakan pada rumah dan bangunan, tumbangnya pohon besar juga sempat sempat menutup jalan raya Juwana-Tayu dan menganggu arus lalu lintas.

 

“Kemudian di Tlutup ada beberapa rumah di RT 03, 04, dan 05. Sejumlah rumah warga mengalami kerusakan pada bagian genteng, termasuk bangunan maqam Mbah Ronggo. Kemudian pohon mangga jalan Juwana-Tayu juga roboh,” tambahnya.

 

Martinus mengungkapkan, akibat musibah ini kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah. Pasca kejadian, tim BPBD dengan dibantu TNI-Polri dan masyarakat gotong-royong memperbaiki atap bangunan yang rusak.

 

Mengingat intensitas hujan yang masih tinggi, ditambah dengan angin kencang, Martinus mengimbangi agar masyarakat tetap selalu waspada jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

 

/M.Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *