Dandim 0808/Blitar, Hadiri Acara Tradisi Grebeg Pancasila Di Wilayah Kota Blitar

oleh -140 Dilihat

BATARA.NEWS

Blitar _: Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono menghadiri acara tradisi Grebeg Pancasila, dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, yang di gelar oleh Pemerintah Kota Blitar, Rabu (1/6/2022).

Rangkaian kegiatan Grebeg Pancasila diawali dengan bedhol pusaka dan pawai lentera pada hari Selasa malam, (31/5/2022). Dengan start dari Istana Gebang dan finish di Kantor Walikota Blitar, dilanjutkan malam tirakatan (macapat) di Kantor Walikota Blitar, Jl.Merdeka Kota Blitar.

Kemudian hari ini, tepat tanggal 1 Juni 2022, digelar upacara budaya Grebeg Pancasila bertempat di Aloon – Aloon Kota Blitar, dilanjutkan dengan kirab gunungan lima yaitu arak arakan hasil bumi atau pertanian. Gunungan lima sebagai gambaran simbol lima sila dalam Pancasila.

Kirab gunungan lima berangkat dari Aloon -Aloon Kota Blitar dan finish di Makam Bung Karno, dilanjutkan dengan acara kenduri Pancasila bertempat di area perpustakaan Makam Bung Karno.

Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono saat di temui mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian tradisi kegiatan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Blitar.

Kegiatan budaya Grebeg Pancasila, kirab gunungan lima dan kenduri Pancasila ini, adalah merupakan wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas terlaksananya peringatian hari lahirnya Pancasila.

Lanjut Dandim 0808/Blitar menambahkan, acara ini merupakan momentum bersejarah, dimana Grebeg Pancasila adalah acara untuk penghormatan kepada Pancasila sebagai lambang Negara.

Pancasila juga telah terbukti dan teruji mampu mempersatukan Bangsa Indonesia yang berbeda-beda suku, agama dan budaya, pungkasnya (Dim0808).

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.