Tanggulangi Paham Intoleran, Desa Karas Canangkan Kampung Pancasila

oleh -425 Dilihat

BATARA.NEWS

Rembang, Batara.News| – Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Selasa (24/05/2022). Desa Karas dipilih karena masyarakatnya hidup rukun berdampingan.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan pencanangan kampung Pancasila diantaranya, Plt Danramil Koramil 13/Sedan Peltu H Ismail, Kapolsek Sedan Iptu Ms Karim, Camat Sedan melalui sekretaris Camat Mundakir dan Kepala Desa Karas Nasrudin beserta para perangkat serta para pemuda setempat.

Apresiasi disampaikan Plt Danramil Koramil 13/Sedan Peltu H.Ismail atas pencanangan Kampung Pancasila sebagai upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita selalu berupaya mendorong dan mendukung kegiatan ini. Program ini sangat bagus sekali demi tegaknya NKRI,” ungkap,”

berharap, agar seluruh masyarakat di Kecamatan Sedan dapat menumbuhkan norma – norma Pancasila.

Untuk itu, pihaknya minta pada Kepala Desa dan jajarannya agar segera memberikan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat, tentang maksud dan tujuan pencanangan Kampung Pancasila.

“Dengan diberikan pemahaman, masyarakat akan tahu maksud dan tujuannya. Salah satunya, mencegah intoleransi maupun radikalisme terhadap masyarakat, agar nantinya dapat bersatu mengedepankan toleransi,” jelasnya.

Menurutnya, sinergi antara Pemdes dengan TNI/Polri, sebagai penjaga trantibmas dan penegak hukum perlu dijalin, secara harmonis untuk mencegah intoleransi dan radikalisme.

Lebih lanjut Plt Danramil menyampaikan, pencanangan tersebut bertujuan mengurangi pengaruh radikalisme dan intoleransi yang kemungkinan terjadi di masyarakat.

“Pencanangan ini sesuai arahan pimpinan tertinggi TNI, dengan tujuan masyarakat dapat mengamalkan nilai Pancasila, supaya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Disampaikan, Desa Karas merupakan desa pertama yang dicanangkan sebagai desa percontohan Kampung Pancasila di wilayah Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang,” ujarnya.

Senada dengan yang di sampaikan, Kapolsek Sedan Iptu Ms Karim,” memang perlu adanya kampung Pancasila ini agar masyarakat desa bisa tertib dan rukun.

“Semua daerah berpotensi, makanya kita harus bertindak nyata. Salah satunya pencanangan ini. Apalagi di tengah arus teknologi, yang perkembangannya sangat pesat,” imbuh Kapolsek.

Sementara itu Kepala Desa Karas Nasrudin atau yang akrab disapa Acing mengatakan,” Pemerintah Desa meminta dukungannya pada masyarakat bahwa pencanangan kampung pansila ini sangat berarti menuju desa yang menjunjung tinggi toleransi dalam bermasyarakat,” terangnya.

Terlepas dari situ,” tanpa adanya dukungan dari masyarakat dan kesadaran masing – masing individu, kita tak akan bisa mencanangkan program ini, agar nanti bisa menjadi contoh untuk desa- desa lain yang ada di kecamatan sedan,” tutupnya.

Pewarta : Syaifudin/Joko M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.