Penasaran, Kenapa Pemkab Kotabaru Pasang Median Jalan Di Pusat Kota ? Ini Kata Dishub

KOTABARU, BATARA.NEWS – Lantaran kerep menjadi perbincangan minor dikalangan masyarakat Kotabaru, Kalimantan Selatan, stakeholder atau pelaksana kebijakan pemasangan median jalan di Pusat Kota akhirnya angkat bicara.

Diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru, Khairian Anshari, tujuan pembangunan median jalan tersebut untuk meminimalisir kecelakaan dan mempercantik kota.

“Tujuan pembangunan median jalan untuk meminimalisir kecelakaan yang kerap terjadi, demi keamanan dan ketertiban berlalulintas. Selain itu secara estetik memperindah kota. Median jalan yang dibangun juga akan diikuti perlengkapan penunjang seperti PJU (red- Penerangan Jalan Umum) rambu dan marka.” terangnya, Jumat, 10 Februari 2023.

Gambar Papan Informasi Proyek

Tak hanya itu, ketika disinggung mengenai asas kemasalahatan, dirinya menjelaskan, pekerjaan pembangunan median jalan tersebut secara teknis dilaksanakan oleh Dinas PUPR, berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Kotabaru.

“Tentu sebelum dilaksanakan ada perencanaan yang sudah dikonsultasikan dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Perhubungan dan Satlantas Kotabaru.” Imbuhnya,

Menurutnya, suatu hal yang wajar jika dalam proses pembangunan pasti banyak yang terganggu. Mesti demikian, Pemerintah Daerah senantiasa berupaya mendorong percepatan pembangunan supaya dapat dimanfaatkan.

“Kami berharap masyarakat bersabar, kita berikan kesempatan kontraktor bekerja. Setelah selesai pembangunan pun tentu ada trial di lapangan, pasti dievaluasi, dan kami sudah inventaris masukan-masukan masyarakat dan telah disampaikan ke Dinas PUPR sebagai pelaksana.” ujar Khairian Anshari.

Lantaran banyak yang menilai kegiatan tersebut dapat menimbulkan persoalan seperti kemacetan dan penataan parkir, Kepala Dinas Perhubungan mengaku, sudah mengantisipasi terkait hal itu.

“Sebelum ada median, memang sebagian lokasi parkir tepi jalan. Dinas perhubungan sedang menata ulangnya. Sementara proses pembangunan, dinas perhubungan saat ini secara aktif ke lokasi pada titik dan jam tertentu mengantisipasi kemacetan.” Paparnya,

Karena tujuan dibangunnya median jalan itu untuk menata dan mengembangkan kota supaya sejajar dengan kota-kota lainnya, Dinas Perhubungan Kotabaru berharap, masyarakat dapat mendukung upaya pemerintah daerah tersebut.

“Lebih dari itu, kesadaran masyarakat dalam berlalulintas adalah yang utama, ini menjadi momentum yang baik bagi kita semua untuk sadar tertib berlalulintas, kami yakin seharusnya kemacetan bisa ditekan jika semua tertib berlalulintas.” himbaunya.

Perlu diketahui, berdasarkan papan informasi kegiatan, pemasangan median jalan ruas bandara menuju persimpangan irama tersebut dibangun melalui dana kompensasi tambang dari PT Sebuku Tanjung Cool senilai Rp 7 milyar rupiah lebih.

/Ari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *