Gandeng Pewarta Dan LSM, Indocement Sosialisakan Pilah Sampah Kepada Warga Kotabaru

Berita Daerah91 Dilihat

KOTABARU, BATARA.NEWS – Wujud keseimbang dalam menjaga alam dan lingkungan, PT Indocemet Tunggal Prakarsa, Tbk Tarjun, yang bermarkas di Kecamatan Klumpang Hilir, Kotabaru, Kalimantan Selatan, gencarkan sosialisasi pemilihan sampah rumah tangga kepada masyarakat.

Dengan menggandeng kalangan jurnalis Kotabaru dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) serta dukungan dari instansi terkait, perusahaan semen berlebel Tiga Roda itu memberikan edukasi kepada masyarakat di 7 kawasan Desa yakni, Desa Gunung Ulin, Sungai Taib, Semayap, Baharu Utara, Batuah, Sigam, dan terakhir Desa Hilir Muara.

Dituturkan perwakilan management PT ITP, H Teguh Iman Basoeki, kegiatan pemilahan sampah rumah tangga yang dilakukan Indocemet merupakan wujud komitmen PT ITP dalam menjaga lingkungan agar selalu bersih.

“Awalnya kegiatan dilakukan di Desa-Desa mitra, dan sekarang dilaksanakan di tingkat kabupaten. Dengan adanya kegiatan ini, Perusahaan berharap dapat memberikan pengetahuan yang positif tentang pemilahan sampah dengan baik sehingga kedepan mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman,” tuturnya. Senin, 12 Desember 2022.

Selain membantu pemerintah Daerah, lanjutnya, kegiatan positif tersebut diharapkan akan mampu membangun karakter untuk lebih peduli lagi tentang sampah dan bagaimana mengelola ligkungan dengan baik.

“Sampah juga akan mampu mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat. Oleh karenanya, menjadi penting ketika kita bisa melakukan pemilahan sampah. Pastinya juga dengan begitu dapat menguntungkan bagi lingkungan misalkan tidak terjadi banjir dan lain sebagainya,” tandasnya.

Melihat hal tersebut, salah satu pewarta dari Kabupaten Kotabaru, Hasan, sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan Indocement Tarjun, dan diharapkan dapat memberikan nilai positif kepada masyarakat utamanya dalam proses pemilahan sampah.

“Kegiatan pemilahan sampah ini adalah yang kedua setelah pada tahun lalu dibulan yang sama telah dilakukan sosialisasi pemilahan sampah di kompleks perumahan Batu Salira Desa Hilir Muara, dan yang sekarang merupakan kali kedua bekerjasama dengan Indocement Tarjun,” katanya.

Ia berharap, kerjasama pada tahap berikutnya akan berlangsung di bulan Ramadhan. Intinya adalah agar lingkungan bersih, sehat dan nyaman tidak ada lagi sampah yang berserakan dimana-mana.

“Kami juga berharap kepada masyarakat jangan sampai membuang sampah ke bantaran sungai, karena akan berdampak buruk bagi lingkungan. Hal lainnya adalah, sampah rumah tangga khususnya kalau bisa jangan dibakar, kita harus lebih bijak dalam mengelola sampah untuk lingkungan,” imbuhnya.

Zamzanie, selaku Koordinator Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) mengaku senang dan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh kalangan wartawan di Kotabaru yang bekerjasama dengan perusahaan Semen Tiga Roda, serta melibatkan organisasinya.

“Hal semacam ini patut kita dukung, apalagi untuk menjaga lingkungan dengan baik. Oleh karenanya, kegiatan pemilahan sampah dinilai menjadi penting untuk dilakukan masyarakat dan juga sampah ternyata dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi tambahan penghasilan masyarakat. Sekali lagi terimakasih kepada perusahaan yang sudah mensupport penuh atas kegiatan yang terlaksana,” katanya berharap.

/Ari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *