Prajurit Wijayakusuma, Ikuti Garjas Usul Kenaikan Pangkat (UKP)

Berita Daerah32 Dilihat

Batara.news

Banyumas | Sebanyak 262 personel jajaran Korem 071/ Wijayakusuma, Bintara dan Tamtama mengikuti tes Kesegaran Jasmani “Garjas” dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1-4-2022. Tes tersebut dilaksanakan terpusat, selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (18/10/2022-20/10/2022) di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

“Tes Garjas yang dilaksanakan ini, sebagai syarat untuk berhasilnya seorang prajurit dalam meniti kariernya sebagai prajurit TNI”, terang Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., Selasa (18/10/2022) di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Menurutnya, garjas tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi setiap prajurit dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) satu tingkat lebih tinggi.

Prajurit Wijayakusuma, Ikuti Garjas Usul Kenaikan Pangkat (UKP)

Dikatakan, penilaian berdasarkan kategori usia prajurit, peserta wajib memenuhi nilai maksimal dan kriteria sesuai standard yang telah ditentukan untuk dapat Usul Kenaikan Pangkat. Jika hasil tes tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan, otomatis prajurit tersebut tidak dapat diusulkan kenaikan pangkatnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 071/Wiayakusuma menghimbau kepada para prajurit agar selalu memanfaatkan kegiatan pembinaan fisik yang dilaksanakan di satuannya, hal ini untuk mengetahui kemampuan yang dimilikinya.

“Kegiatan pembinaan fisik di satuan agar dilaksanakan secara terukur dan terarah sesuai program kerja dan protap masing-masing satuan,” jelasnya.

“Kita melaksanakan tes kesegaran jasmani UKP ini selain sebagai tolok ukur kemampuan prajurit untuk usul kenaikan pangkat, juga untuk mengetahui hasil dan sebagai bahan evaluasi bagi pimpinan sejauh mana pembinaan fisik yang selama ini dilakukan oleh prajurit disatuannya masing-masing”, terangnya.

Diterangkan pula, tes kesegaran jasmani UKP ini merupakan program komando atas yang harus dilaksanakan sebagai wahana untuk mengetahui kemampuan fisik setiap prajurit.

Disamping hal tersebut, kita lakukan kegiatan ini juga sebagai bentuk menjaga kebugaran serta untuk menjaga imunitas tubuh setiap prajurit.

“Pelaksanaan tes kesegaran jasmani ini, sebelum prajurit melaksanakan tes garjasnya, kita melaksanakan pengecekan kesehatannya”, pungkasnya.

Tes Kesegaran Jasmani Usul Kenaikan Pangkat (Garjas UKP) prajurit Korem 071/Wijayakusuma meliputi Garjas “A” Lari selama 12 menit, Garjas “B” berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shuttle Run dengan nilai Minimal “51” serta tes ketangkasan renang militer dasar jarak 50 meter. Dan disupervisi langsung oleh Tim Garjas dari Kodam IV/Diponegoro.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *