Cegah Kebakaran Hutan di Kalbar, Kapolda Selalu Berikan Edukasi Secara Door To Door Maupun Virtual

Berita Daerah34 Dilihat

Batara.News, PONTIANAK, KALBAR_ Polda Kalimantan Barat menggelar apel Operasi Bina Karuna Kapuas 2022, dalam melakukan pencegahan dan menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Kalbar, Selasa (8/3).

Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro mengatakan, Provinsi Kalimantan Barat berada di garis equator yang menerima sinar matahari sepanjang tahun, bahwa apabila memasuki musim panas akan sangat panas, namun bila musim hujan akan rawan menimbulkan banjir.

“Kondisi tanah dengan lahan gambut yang rentan akan menimbulkan kebakaran di dalam tanah yang dapat merambat ke daerah lain,” jelasnya.

Bulan Januari sampai Maret terdapat 60 kasus kebakaran hutan di sejumlah daerah yang ada di Kalimantan Barat.

“Seluruh masyarakat Kalbar berharap kepada Pemerintah dan Kepolisian dalam penanggulangan Karhutla ini,” ujar Kapolda Kalbar.

Namun, Suryanbodo mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu, kita memiliki laporan adanya masyarakat yang meninggal dunia akibat kebakaran hutan.

“Masih kita selidiki lebih lanjut, untuk dari itu menjadi pelajaran bagi Kepolisian dalam respon cepat penanganan karhutla,” bebernya.

Kapolda Kalbar menegaskan agar selalu memberikan edukasi baik secara door to door maupun virtual melalui media sosial, guna menindak serius penanganan karhutla yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan kegiatan masyarakat.

“Memasuki bulan Maret diharapkan situasi alam di Kalimantan Barat dapat membaik sehingga meredam bencana yang terjadi,” harapnya.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *