Anggota DPR RI Dapil Jatim IX Dr. Didik Mukrianto, Sudah Saatnya Polres Tuban Naik Status

TUBAN, Batara.news – Dalam rangkaian kegiatan resesnya di daerah pemilihan Tuban – Bojonegoro, Anggota Komisi III DPR RI Dr. Didik Mukrianto melakukan kunjungan kerja masa reses di Polres Tuban, Selasa (18/4/2023).

Dalam kunjungan kerja yang dihadiri Kapolres dengan segenap jajaran pejabat utama, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas se Tuban, AKBP Rahman Wijaya memaparkan kondisi umum pelaksanaan tugas dan tanggung jawab, perkembangan dan kesiapan Polres Tuban dalam menyambut lebaran.

“Polres Tuban saat ini sedang dalam tahapan pengusulan naik status menjadi tipe C. Naiknya ke tipe C tersebut dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, seiring semakin banyaknya obyek vital, proyek nasional, investasi dan kerawanan serta kebutuhan pelayanan masyarakat yang semakin bertambah, ” terang Kapolres Tuban;

Sementara itu terkait dengan kesiapan Polres Tuban dalam menyambut hari raya Idul Fitri 2023, Kapolres Tuban sudah mengkonsolidasikan seluruh kekuatan personil untuk memberikan rasa nyaman dan aman masyarakat dalam menyambut lebaran.

“Mulai tanggal 18 April hingga 1 Juni 2023 Polres Tuban akan menggelar operasi Ketupat dalam rangka menyambut Lebaran,” ungkap AKBP Rahman Wijaya.

Menanggapi usulan kenaikan status Polres Tuban, Didik menilai tipe Polres Tuban saat ini memang kurang Ideal sebagai Kesatuan setingkat Polres. Perlu peningkatan tipe menjadi Polresta.

“Mengingat semakin berkembangnya wilayah Tuban menjadi daerah industri bersekala internasional, semakin bertumbuhnya obyek vital, proyek nasional dan investasi, kompleksnya permasalahan, bertambahnya jumlah penduduk yang cukup pesat, yang membawa konsekuensi semakin meningkatnya kerawanan, Saya menyambut baik, mendukung dan ikut mendorong agar Polres Tuban bisa naik status menjadi tipe C,” tutur Didik.

Selain ikut ambi bagian dalam mewujudkan kenaikan tipe Polres Tuban, Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna juga mengingatkan perlunya peningkatan penegakan hukum di wilayah perairan Tuban termasuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Luas wilayah lautan Tuban hingga 22.608 km2 dan panjang pantai hingga 65 km perlu kehadiran penuh dan peran Sat Polair. Untuk itu peningkatan kekuatan di Sat Polair juga harus menjadi prioritas agar bisa maksimal dalam memberikan pelayanan dan penegakan hukum,”harap Didik.

Dalam rangka penguatan Sat Polair tersebut, Polres Tuban berharap agar tahun 2024 kebutuhan pengadaan gedung Sat Polair bisa terwujud, sehingga bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Selain di Komisi III, kebetulan saya juga di Badan Anggaran. Karena kebutuhan gedung termasuk kapal yang memadai juga penting, mari kita sama-sama kawal anggaran dan pemenuhannya. Saya akan kawal usulannya di Komisi III dan akan perjuangkan persetujuannya di Badan Anggaran,”tegas Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ini.

Sementara itu, ada harapan dan aspirasi yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas kepada Politisi Demokrat ini, agar bisa diperjuangkan penambahan personil Bhabinkamtibmas yang saat ini belum bisa memenuhi satu desa/kelurahan satu Bhabinkamtibmas.

“Saya juga punya harapan yang sama agar pemenuhan Bhabinkamtibmas bisa ideal, satu desa/kelurahan satu personil. Saya perlu mendalami persoalan tehnisnya ada dimana.

Apakah persoalan keterbatasan personil atau anggarannya. Insha Allah aspirasi ini akan saya salurkan ke Polda maupun Mabes Polri. Pada prinsipnya saya mendukung sekali ada Bhabinkamtibmas disetiap desa/kelurahan,”pungkas DiDemokrat.

(*/Ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *