Awali 2023 dengan Manis, Pemkab Kotabaru Tambah Koleksi Penghargaan

KOTABARU, Batara.news | Mengawali tahun 2023 Pemkab Kotabaru di bawah Kepemimpinan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Kali ini penghargaan diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa.

Penghargaan itu diterima Pemkab Kotabaru atas pembinaan dan pengawasan di bidang pengelolaan aset desa dan ketepatan waktu penyampaian Laporan Hasil Inventarisasi (LHI) Aset Desa tahun 2021 oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotabaru, bahkan masuk 50 besar tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala DPMD Kotabaru Basuki kepada Bupati Kotabaru H Sayed jafar alaydrus yang berlangsung di Ruang Kerja Bupati, Senin (9/1/2023).

Bersamaan itu, penghargaan lain juga diterima Pemkab Kotabaru dari Pemprov Kalimantan Selatan yang diberikan atas prestasi sebagai Kabupaten dengan kinerja terbaik mengurangi status desa tertinggal tahun 2022.

Bupati Sayed Jafar menuturkan kedua penghargaan itu merupakan bagian pelayanan untuk masyarakat dan untuk memberikan kesejahteraan seperti fasilitas jalan.

“Jadi apa yang dilakukan pemerintah semata-mata bagian dari pelayanan untuk masyarakat, tentu dengan memberikan kesejahteraan masyarakat seperti fasilitas jalan.

Yang mana daerah harus memperhatikan, sehingga dengan baiknya fasilitas jalan masyarakat dapat menjual hasil kebun dan lainnya sampai keluar. Masyarakat juga dapat melakukan aktifitasnya yang lain setelah ada jalan kemudian ada pasar dan lainnya kita bangun sehingga kegiatan-kegiatan masyarakat pun bisa berkembang dengan sendirinya di daerah masing-masing, ” ungkap Sayed.

Bupati Kotabaru juga menegaskan untuk aset-aset desa dijaga dan dirawat agar nantinya dikemudian hari tidak ada pertentangan.

“Jadi yang pertama kita lakukan adalah batas desa sudah diselesaikan, kemudian apa yang selalu saya tegaskan untuk semua aset-aset desa itu betul-betul dilakukan penataan dan terdata dengan baik,” tandasnya.

Terpisah, Kepala DPMD Kotabaru Basuki SH MH menyampaikan, kedua penghargaan yang diraih ini berkat kerjasama dan dukungan oleh semua pihak terutama dukungan dari pemerintah Kotabaru dalam hal ini Bupati Kotabaru H Sayed Jafar SH.

“Jadi pada 2021 sesuai perintah dari kementerian dalam negeri dan desa kepada seluruh desa, agar mendata aset seluruh desa dan kami tindaklanjuti. Semua aset kita data dan laporkan ke kementrian karena pemilihan dan pengawasan pembinaan terhadap aset desa, ketepatan waktu saat melaporkan seluruh aset itu ke kementrian sehingga mendapatkan penghargaan tersebut,” jelas Kepala DPMD Kotabaru.

Kepala DPMD Kotabaru menambahkan, selama ini Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus terjun langsung ke lapangan untuk melihat infrastruktur jalan dan bangunan lainnya di desa-desa.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *