TMMD 113 Berakhir, Danrem 071/Wijayakusuma Saksikan Penyerahan Hasil TMMD 113 Kodim Pemalang

Berita Daerah41 Dilihat

BATARA.NEWS

Pemalang _: Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., yang juga selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan) hadiri dan saksikan penyerahan hasil TMMD ke-113 Kodim 0711/Pemalang di Pendopo Pemkab Pemalang, Kamis (9/6/2022).

Hasil pelaksanaan program TMMD ke-113 Kodim 0711/Pemalang, ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima dan dilaksanakannya serah terima naskah dari Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M. Tr(Han), selaku Dansatgas TMMD kepada Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST., M.Si.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengungkapkan, program TMMD yang dilaksanakan TNI AD khususnya Korem 071/Wijayakusuma melalui Kodim 0711/Pemalang ini, merupakan upaya TNI AD khususnya Korem 071/Wijayakusuma melalui Kodim 0711/Pemalang untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mengakselerasi pemerataan pembangunan di daerah serta guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan tujuan, untuk memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh.

“TMMD yang dilaksanakan ini dalam rangka mendukung percepatan pembangunan pedesaan dan sekaligus sebagai wahana mempertahankan dan memupuk semangat kegotongroyongan masyarakat”, terangnya.

Dikatakannya, kegiatan fisik dalam TMMD menjadi daya dukung peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah pedesaan. Selain itu tidak kalah pentingnya, kegiatan yang dilaksanakan dalam TMMD memberikan manfaat bagi masyarakat. Sedangkan kegiatan non fisik, sebagai wahana dan sarana yang efektif dalam pemberdayaan masyarakat diberbagai bidang kehidupan sosial, pendidikan, kesehatan, keamanan dan sebagainya.

“Dengan adanya TMMD ini, diharapkan masyarakat mempunyai daya dan upaya untuk mandiri agar terlepas dari belenggu kemiskinan dan keterbelakangan dan sekaligus daya tangkal kuat atas berbagai potensi ancaman dan gangguan yang membahayakan kondusifitas wilayah serta tetap tegaknya NKRI”, terangnya.

Terkait dengan telah dirampungkannya pelaksanaan kegiatan TMMD 113 Kodim 0711/Pemalang, Danrem 071/Wijayakusuma menyampaikan, TMMD tidak hanya dilihat dari keberhasilannya saja, namun lebih dari itu, sebagai wahana perwujudan kebersamaan antara TNI dengan masyarakat untuk bahu membahu membangun wilayah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sebagai wujud kemanunggalan TNI-Rakyat.

Menilik hasil TMMD yang sudah selesai, Danrem meminta agar hasil TMMD ini harus dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya, dan jangan sampai bangunan yang sudah bagus ini dirusak atau dikotori serta tidak digunakan sebagaimana fungsinya.

Menurutnya, dalam merawat ataupun menjaga, tidak hanya masyarakat yang ada di wilayah pelaksanaan kegiatan TMMD saja, namun juga dilaksanakan oleh segenap aparat kewilayahan setempat. “Aparat kewilayahan harus bersinergi bersama masyarakat untuk menjaga dan merawat hasil pembangunan TMMD ini, hal ini agar apa yang telah dibangun dapat dipakai dalam usia yang lama”, pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem juga mengapresiasi atas segala upaya dan kerja keras yang telah dilakukan Satgas TMMD maupun semua pihak yang telah turut terlibat membantu dalam kesuksesan gelaran TMMD. Selain itu, Danrem juga menegaskan kesiapan jajarannya untuk dapat membantu dan diterjunkan dalam upaya melaksanakan berbagai pembangunan lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah guna mensejahterakan masyarakatnya.

Sementara itu, Danrem usai peninjauannya saat penutupan TMMD, mengatakan, keberhasilan ini tentunya tidak terlepas adanya kerja sama dari pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Kementerian terkait dan partisipasi segenap komponen masyarakat. “TMMD ini bagian dari bentuk pengabdian TNI kepada masyarakat,” tegas Danrem.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung keberhasilan program TMMD Ke-113 Kodim 0711/Pemalang. Dengan hasil TMMD ini, kita berharap bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di sekitar wilayah pelaksanaan TMMD maupun masyarakat Kabupaten Pemalang”, ungkapnya.

Diketahui bahwa TMMD Ke-113 Kodim 0711/Pemalang, melaksanakan progres TMMD baik fisik dan non fisik. Fisik berupa pembukaan jalan baru dan makadam sepanjang 1.670 meter lebar 3 meter dengan ketebalan 0,2 meter, pembangunan talud 4 titik sepanjang 22 meter lebar 0,5 meter dan tinggi 2 meter serta pemasangan gorong-gorong plat beton 2 unit sepanjang 4 meter lebar 1,2 meter dan tinggi 1,3 meter. Sedangkan non fisik, sebagai wahana menguatkan dan mempertebal rasa nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat melalui sosialisasi bela negara dan wawasan kebangsaan, serta sosialisasi kesadaran dan taat hukum sebagai warga negara. Disamping itu, agar masyarakat dapat mandiri membangun wilayahnya untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan melalui berbagai sosialisasi dibidang pertanian, perhutanan, perikanan maupun perkebunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *