Bekali dan Tumbuhkan Semangat Bela Negara, Korem 071/Wijayakusuma Berikan Latihan Bela Negara dan Kepramukaan SMK 75-1 Purwokerto.

Berita Daerah75 Dilihat

BATARA.NEWS

Banyumas _: Melalui Serbuan Teritorial pembinaan generasi muda bangsa, Korem 071/Wijayakusuma berikan latihan Bela Negara dan Kepramukaan kepada siswa-siswi SMK 75-1 Purwokerto.

Latihan Bela Negara dan Kepramukaan ini dibuka oleh Kasiterrem 071/Wijayakusuma Mayor Inf Darul Quthni, S.Ag. mewakili Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. Kamis (2/6/2022).

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasiterrem 071/Wijayakusuma mengatakan dalam konteks pertahanan negara di era milenium dan era globalisasi seperti sekarang, benteng terkuat untuk menjaga kedaulatan negara adalah manusia-manusia Indonesia yang memilki karakter kebangsaan yang kokoh dan militan.

“Menilik hal tersebut, maka menjadi sangat
penting Korem 071/Wijayakusuma memberikan tambahan bekal pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan pembentukan watak rasa bela negara dan nasionalisme kepada para generasi muda termasuk para pelajar, mahasiswa dan berbagai komponen bangsa lainnya”, terangnya.

“Salah satu upaya yang dilakukan Korem 071/Wijayakusuma adalah dengan mempertebal semangat kebangsaan, rela berkorban dan menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme untuk membela kepentingan bangsa dan negara disertai dengan terbinanya kemanunggalan TNI bersama rakyat”, jelasnya.

Dikatakan pula bahwa, sesuai Undang Undang Dasar 1945 Pasal 30 Ayar 1 menyebutkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Karenanya, melalui kegiatan pembinaan Pramuka dan latihan pendidikan bela negara ini diharapkan para pelajar sebagai generasi
penerus perjuangan bangsa harus memiliki kesadaran akan pentingnya upaya bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Danrem berharap, kegiatan yang dilaksanakan SMK 75-1 Purwokerto ini, akan membawa nilai lebih baik lagi dibandingkan sekolah lainnya, sehingga SMK 75-1 Purwokerto tidak hanya terkenal keunggulannya diakademik saja, namun unggul pula dalam pembinaan, disiplin, moralitas pendidikan
bela negara dan kepramukaannya.

Latihan Bela Negara SMK 75-1 diikuti oleh 173 orang siswa-siswi, selama 3 hari dari tanggal 2 s.d 4 Juni 2022, dengan materi yang akan disampaikan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Jurit Malam, Api Unggun, Outbond, Tata Krama, Peraturan Baris Berbaris, dan Tata Upacara Sekolah dan Militer.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *