Wilayah Kecamatan Gabus Kembali Digenangi Banjir Di Penghujung Tahun 2022

Berita Daerah82 Dilihat

PATI, Batara.news | Di Penghujung tahun 2022 dengan intensitas hujan yang tinggi. Puluhan rumah di Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, kembali Kebanjiran, Sabtu, 31 Desember 2022.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Mintobasuki, Wiji Sugeng Purwanto saat ditemui awak media mengatakan, banjir terjadi sekitar pukul 06.00 WIB dengan kedalaman 10 hingga 70 cm.

“Kejadiannya sekitar jam 6 pagi mas, ada 97 rumah yang terendam dan kedalaman banjir bervariatif dari mulai 10 cm hingga 70 cm,” ucap Wiji, saat ditemui langsung di lokasi, Sabtu 31 Desember 2022.

Ia menjelaskan, banjir tersebut terjadi adanya curah hujan yang cukup lama mengguyur Kabupaten Pati pada 30 Desember 2022, semalam penuh. Sehingga aliran Sungai Silugonggo tidak mampu menampung debit air dan akhirnya kembali meluap.

“Itu disebabkan karena hujan semalam penuh tidak ada hentinya, sehingga Silugonggo meluap dan merendam Desa kami,” jelasnya.

Tak hanya di Desa mintobasuki saja wilayah kecamatan Gabus yang tergenang banjir, Desa Gempolsari, Desa Koripandriyo, Desa Banjarsari, namun titik terparah berada di desa Mintobasuki, Gempolsari, dan Desa Banjarsari.

Dengan intensitas hujan yang masih tinggi, dikhawatirkannya jika air semakin tinggi dan banjir semakin meluas yang akan berdampak serius pada aktivitas masyarakat akan mengalami kesulitan.

Sampai Saat ini saja, ia menjelaskan bila sudah ada 215 rumah yang terdampak banjir tersebut, hal itu cukup menghambat aktivitas warga disana.

“Intensitas curah hujan masih tinggi, dimungkinkan genangan air akan masih bertambah. Ada 215 rumah warga yang terdampak, semoga air cepat surut dan hujan segera berhenti,” pungkasnya.

/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *